Ribuan Warga Kunjungi Kampung Jepang, 10 di Antaranya WN Jepang

Ribuan warga berbondong bondong mengunjungi Kampung Jepang di pantai sejarah Perupuk Kecamatan Nibung Hangus, Batu Bara, pada Rabu 1 Januari 2020.

KANALMEDAN – Sebanyak 10 Warga Negara (WB) Jepang mengunjungi Kampung Jepang yang diresmikan Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP di pantai sejarah Perupuk Kecamatan Nibung Hangus, Batu Bara, pada Rabu 1 Januari 2020.

Ke 10 Warga Negara Jepang itu berbaur bersama sekira 3.000 pengunjung untuk melihat situs sejarah berupa bunker Jepang masa perang dunia kedua. Kedatangan WN Jepang itu untuk memastikan berita di media sosial dan media cetak atas situs sejarah itu.

Sejarawan Universitas Negeri Medan (Unimed) Dr Phil Ikhwan Azhari menjelaskan, ke 10 warga negara Jepang itu dipimpin oleh Emiliyo Sugioka dan mereka membubuhkan tanda tangan dengan menuliskan nama dan alamat berbahasa Jepang di situs sejarah itu.

Menurut Ikhwan Azhari, kunjungan masyarakat ke lokasi Kampung Jepang telah dimulai Rabu pukul 09.00 WIB, namun terganggu suasana hujan. Baru seputar pukul 13.00 masyarakat mulai berbondong memasuki daerah mengakibatkan terjadi kemacetan jalan hingga jam 21.00 WIB.

Ikhwan menjelaskan, di samping masyarakat Batu Bara dari berbagai kecamatan, juga tercatat sebanyak 82 orang berasal dari Kabupaten Labuhan Batu Selatan yang mengunjungi Kampung Jepang.

Sementara itu, Zela warga setempat (30) menjelaskan, baru 1 Januari 2020 Desa Perupuk mengalami lonjakan kunjungan wisata. Itu dikarenakan adanya situs sejarah Jepang yang diberi nama Kampung Jepang.

Beda dengan Rian, salah seorang pedagang setempat yang sejak berdiri Kampung Jepang mengalami penjualanan yang melonjak, karena kunjungan masyarakat yang demikian tinggi.

Perpaduan Situs dan Wisata Global

Sementara itu, Andi Lestari, SKG, Anggota DPRD Batu Bara dari Fraksi PBB menyatakan, Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP yang didukung Sejarawan Dr Phil Ikhwan Azhari telah mampu membangun perpaduan situs sejarah dan wisata global dengan sebutan Kampung Jepang di Desa Perupuk, Kecamatan Nibung Hangus Kabupaten Batu Bara.

Kehadiran masyarakat khususnya kaum milenial bersama keluarga tidak sebatas untuk mengetahui dan melihat situs sejarah, tapi mereka juga melakukan swafoto (selfie) sebagai tren belakangan ini.

Dengan kunjungan yang demikian tinggi ke Kampung Jepang, kata Andi, diharapkan Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP akan mempercepat perbaikan sarana infrastruktur jalan dan penataan lingkungan di wilayah Kampung Jepang. Karena kata Andi sedang diujicobakan Bupati Zahir tumbuhan pohon kayu berbunga sakura untuk ditanam di lokasi Kampung Jepang. (Nas)

Print Friendly