ISNU Latih 133 Kader Struktural di Pantai Cermin

KANALMEDAN – Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) melatih 133 Kader NU di Theme Park Pantai Cermin, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Salah seorang Fasilitator saat memfasilitasi MKNU di Pantai Cekrmin.

Pelatihan tersebut digelar melalui Madrasah Kader Nahdlatul Ulama (MKNU) dibuka Pengurus Pusat ISNU , H.Fadly Yasir, Sabtu (21/12/2019).

MKNU atau kaderisasi struktural, kata Fadly Yasir, merupakan salah satu bentuk pengkaderan di lingkungan keluarga besar NU.

“Menjadi pengurus struktural di NU, tidak lagi bisa serta merta. Tapi harus melalui jenjang kader yang jelas”, kata Fadly Yasir juga Kepala Madrasah MKNU itu.

Dengan demikian, MKNU menjadi keharusan bagi pengurus NU di semua tingkatan, dari pengurus besar hingga pengurus ranting, pengurus lembaga, hingga pengurus banom.

Sebelumnya, Ketua ISNU Sumut Nisful Khoir dalam sambutannya mengatakan, MKNU bertujuan meningkatkan kapasitas pengurus dalam memimpin, menggerakkan warga,dan mengelola organisasi.

MKNU memiliki rangkaian kegiatan yang sudah disusun secara sistematis. Instruktur dan materi juga disampaikan dengan jadwal yang tersusun.

Diantaranya menyangkut penguatan idiologi, penguatan organisasi, penguatan ekonomi.

MKNU juga akan menyasar penyamaan visi dan persepsi tentang NU dan Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja).

MKNU ini diikuti 133 peserta terdiri dari para pengurus NU Wilayah, Cabang hingga Ranting, ISNU dan lembaga Otonom NU di Sumut. Berlangsung dua hari hingga Minggu tengah malam (22/12/2019)

Peserta MKNU kali ini, kata Nisful Khoir, merupakan terbesar yang pernah digelar di Sumut.

Disebutkan, selain MKNU atau kaderisasi struktural, jenis dan model pendidikan kader lainnya yang ada di NU yakni kaderisasi keulamaan, kaderisasi penggerak NU, kaderisasi fungsional, dan kaderisasi profesional. 

Sistem kaderisasi ini secara khusus dituangkan dalam Muktamar ke-33 NU di Jombang 2015. Amanat inilah memuat jenis dan model pendidikan kader di lingkungan NU yang salah satunya melalui MKNU. (RED)

.
Print Friendly