UINSU Gelar Pekan Karya Ilmiah

Mahasiswa saat mengunjungi pameran pekan karya ilmiah yang berlangsung di halaman Biro Rektor UINSU, Jalan Willem Iskandar Medan.

KANALMEDAN – Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) menggelar pekan karya ilmiah pada 14 – 18 Oktober 2019 di halaman Biro Rektor UINSU, Kampus II Jalan Willem Iskandar Medan.

“Melalui kegiatan ini dapat memacu kualitas sumber daya manusia dan produktivitas karya ilmiah dosen dan mahasiswa di lingkungan UINSU,” kata ketua panitia pekan karya ilmiah Prof Dr Syafaruddin MPd, Rabu (16/10).

Kegiatan ini, kata Syafaruddin, juga sebagai sarana diseminasi karya dosen dan mahasiswa UINSU baik berupa buku, penelitian dan karya ilmiah lainnya.

“Selain itu sebagai media silaturahmi dan sharing informasi di kalangan praktisi pendidikan. Selanjutnya memberikan peluang bagi dosen untuk mempublikasikan karya ilmiahnya di tingkat nasional dan juga meningkatkan kualitas dan kuantitas buku ilmiah dosen UINSU,” kata Guru Besar Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UINSU ini.

Pekan karya ilmiah juga diisi pameran buku murah berkualitas, diikuti oleh 22 grup penerbit nasional, antara lain penerbit Agro Media Group Jakarta, Mizan Group Bandung, Niaga Swadaya Jakarta, dan lainnya.

“Harapan kami melalui kegiatan ini semakin meningkatkan budaya ilmiah di kalangan para dosen dan mahasiswa UINSU khususnya dan masyarakat Sumut umumnya,” kata Syafaruddin.

Salah seorang mahasiswa, Firdha mengatakan sangat senang dengan kegiatan tersebut. Apalagi dalam kegiatan ini ada pameran buku. Dengan adanya pameran buku itu, ia menjadi lebih mudah mencari buku yang dibutuhkan dan banyak pilihan serta menjadi referensi buku terbaru.

 “Senang sekali, terutama pameran buku ini. Banyak referensi buku baru di sini, dan kebetulan saya mau belajar buka usaha jadi saya cari buku bisnis,” ungkap mahasiswa yang mengaku jurusan Bahasa Arab FTK UINSU ini.

Selain mahasiswa, ternyata para penerbit juga sangat antusias. Seperti pengakuan Aidil dari Penerbit PT Agromedia yang berkantor perwakilan di Jalan Tasbih I Medan. Pada pameran ini, Aidil membawa 1000 judul buku yang tiap per judulnya terdiri dari 3 eksemplar.

”Ini sudah agenda tahunan. Kami pilih di sini karena antusias pengunjung sangat tinggi dibanding di luar. Per hari kami rata-rata menjual 20 judul buku. Topik buku yang saya bawa bervariasi mulai buku-buku tentang Islam, remaja dan umum,” ungkapnya. (Nas)

Print Friendly