Pelajar SMA/MA Sumut Diundang Bertarung di Lomba Sains Plus

Pendaftaran Dibuka hingga 26 Oktober

Pimpinan Perguruan Methodist-2 Medan Pdt Paulus Subyanto STh (tengah), Ketua Panitia MEE 2019 Drs Bob S Saragih MSi (kiri) dan Sekretaris Panitia Pdt J Manurung saat memberikan keterangan kepada wartawan, Kamis (10/10).

KANALMEDAN – Pelajar SMA/MA se-Sumatera Utara (Sumut) diundang untuk bertarung dalam Lomba Sains Plus Antarpelajar yang digelar digelar dalam rangkaian Methodist-2 Education Expo (MEE) ke-20 Tahun 2019.  Selain Lomba Sains Plus, MEE 2019 juga diisi pameran pendidikan internasional dan bursa buku.

“Pendaftaran Lomba Sains Plus telah dibuka sejak 19 September hingga 26 Oktober 2019. Sedangkan pelaksanaan Lomba Sains Plus dijadwalkan pada 15-16 November 2019 di Perguruan Methodist 2 Medan,” kata Pimpinan Perguruan Methodist-2 Medan Pdt Paulus Subyanto STh didampingi Ketua Panitia Drs Bob S Saragih MSi, dan Sekretaris Panitia Pdt J Manurung STh, kepada wartawan di perguruan tersebut, Jalan MH Thamrin No 96 Medan, Kamis (10/10).

Pendaftaran, kata Paulus, dapat dilakukan secara manual di sekretariat panitia di Perguruan Methodist 2 Medan atau secara online di laman www.methodist2mdn.sch.id/expo2019 dengan melampirkan transfer biaya pendaftaran, pasfoto dan data pribadi peserta.

“Namun pendaftaran akan ditutup lebih cepat jika jumlah peserta telah mencapai 300 orang per bidang lomba,” kata Paulus yang juga Kepala SMA Methdohist 2 Medan.

Penyelenggaraan MEE ini, tambah Paulus, merupakan kebanggan bagi Perguruan Methodist 2 Medan, karena satu-satunya sekolah di Sumut yang mampu menyelenggarakan lomba dan pameran secara berkesinambungan hingga tahun ke-20.

“Lomba sains plus antarpelajar SMA/MA ini merupakan sumbangsih Perguruan Methdodits 2 Medan untuk pendidikan Sumut. Kegiatan ni bertujuan menumbuhkan budaya kompetitif di kalangan para siswa SMA dan Madrasah Aliyah (MA),  mengembangkan kesadaran ilmiah dan jiwa berkompetisi di kalangan generasi muda,” kata Paulus.

Ketua Panitia MEE 2017 Bob S Saragih menjelaskan, lomba sains plus memerebutkan Piala Gubernur Sumut ini merupakan agenda tahunan yang cukup diminati sekolah-sekolah SMA/MA di Sumut, karena merupakan ajang ujicoba dan barometer untuk lolos ke Olimpiade Sains Nasional (OSN). Ini karena siswa yang lolos 10 besar lomba sains plus Methodist-2 umumnya akan lolos ke OSN tingkat Provinsi Sumut.

Penyelenggaraan tahun 2019 ini, kata Bob Saragih, tidak berbeda dengan tahun sebelumnya. Ada enam mata pelajaran yang diperlombakan, yaitu Bahasa Inggris 100 soal, Biologi 100 soal, Fisika 60 soal, Kimia 60 soal, Matematika 60 soal dan Ekonomi 80 soal.

“Soal yang dilombakan (kecuali Bahasa Inggris) disusun oleh Lembaga Olimpiade Sains Indonesia (LOPI). Sedangkan soal Bahasa Inggris disusun oleh Lembaga Pendidikan Singapura. Sementara pengoreksian lembar jawaban peserta akan dilakukan dengan komputer Optical Mark Reader (OMR),” kata Waka I SMA Methdodits 2 ini seraya menambahkan dalam setiap mata lomba akan ada 30 pemenang yakni juara 1-5 dapat medali emas, juara 6-15 medali perak dan juara 16-30 medali perunggu.

Sekretaris Panitia J Manurung menambahkan, pada ajang MEE 2018 ini juga akan digelar pameran pendidikan tinggi internasional. Selain dari dalam negeri, pameran pendidikan akan diikuti  institusi pendidikan luar negeri seperti Singapura, Malaysia, Australia, Jepang, Kanada dan Amerika Serikat.

“Selain itu, di MEE 2019 ini ada bursa buku murah yang diikuti penerbit nasional dan Sumut,” kata Manurung yang juga Waka III Methodist 2.

Family Fun Fair

Pada kesempatan yang sama, Pdt Paulus Subyanto STh  mengatakan, pihaknya akan menggelar Family Fun Fair 2019 bagi siswa TK dan SD Methodist 2 Medan.

“Family Fun Fair yang digelar 2 tahun sekali itu  bertujuan untuk menjalin silaturahmi antarsiswa dan orangtua dengan para guru,” kata Paulus.

Dijelaska Paulus, kegiatan yang akan digelar pada  9 November itu nantinya diisi dengan ajang bermain, berlomba, dan bersukacita bersama teman-teman dan keluarga. (Nas)

Print Friendly