Pemko Medan Harus Paparkan Kualitas Udara di Medan


KANALMEDAN – Bendahara Fraksi Partai Nasional Demokrat (NasDem) DPRD Medan, Habiburrahman Sinuraya, sangat menyanyangkan Pemko Medan hingga saat ini belum memiliki Indeks Standrt Pencemaran Udara (ISPU). Padahal, alat tersebut dinilai sangat penting guna mengetahui kualitas udara di kota Medan.

“Apalagi saat ini, alat itu sangat penting sehingga masyarakat Medan dapat mengetahui kualitas udara di Medan apakah baik, tidak sehat atau berbahaya,” ungkapnya kepada wartawan, Selasa (24/9) menanggapi kondisi udara di kota Medan yang saat ini diselimuti kabut asap tebal.

Menurutnya, alat ISPU sangat penting untuk mengetahui pencemaran udara di kota Medan. “Kondisi pencemaran udara di Medan sangat penting di publish kepada masyarakat. Tujuannya agar masyarakat dapat melakukan upaya pencegahan, kapan pakai masker atau menjaga kesehatan,” sebutnya.

Dia juga sangat menyayangkan pernyataan Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan yang menyebut, belum mengetahui kondisi udara di kota Medan dan menunggu informasi dari Pemropsu atau pusat.

“Seharusnya Pemko Medan sudah dapat mandiri. Kota ketiga terbesar di Indonesia, sepatutnya sudah memiliki alat ISPU dan punya SDM untuk itu. Karena informasi itu sangat penting bagi kepentingan hidup orang banyak,” harapnya.

Ditambahkan dia, Pemko Medan melalui Dinas Lingkungan Hidup diharapkan dapat tanggap terhadap hal-hal tersebut. Kedepan, dia mendorong Pemko Medan agar memiliki pendeteksi kualitas udara di Medan demi kepentingan kesehatan banyak orang. (Jen)

Print Friendly