DPP PDIP Tunjuk Baskami Ginting Ketua DPRD Sumut 2019-2024

KANALMEDAN – Teka-teki siapa sosok yang akan memimpin DPRD Sumut periode 2019-2024 kini terjawab sudah. Ini setelah DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menunjuk dua nama yang diamanahkan menjadi Ketua DPRD dan Ketua Fraksi PDIP di lembaga tersebut.

Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Sumut, Dr Soetarto MSi mengatakan, wacana pimpinan dewan bergulir sejak pihaknya memberikan 19 nama caleg terpilih ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai.

Dari 19 nama itu, lanjut Soetarto telah mengerucut tiga nama yaitu, Wakil Ketua DPD PDIP Sumut, Mangapul Purba, Bendahara DPD PDIP Sumut Meirahta Sitepu dan Anggota DPRD petahana Baskami Ginting.

“Ketiganya telah mengikuti fit and proper test beberapa waktu lalu. Kemudian dipanggil kembali kedua nama yaitu Baskami Ginting dan Mangapul Purba,” katanya di Medan, Jumat (6/9).

Kemudian, kata Soetarto,  Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP melalui Sekretaris Jenderal Hasto Kristiyanto memanggil dirinya bersama Ketua DPD PDIP Sumut Japorman Saragih dan kedua kandidat tersebut.

“Sesuai penyampaian Pak Sekjen dengan memperhatikan latar belakang kesejarahan, kondisi sosio politik DPP menunjuk Baskami Ginting sebagai Ketua DPRD Sumut dan Mangapul Purba sebagai Ketua Fraksi,” jelasnya.

Soetarto menjelaskan partai menginstruksikan kepada keduanya untuk dapat memajukan masyarakat Sumut melalui lembaga dewan.

“Sekjen memberikan apresiasi kepada seluruh kader partai yang solid kala meghadapi pemilu kemarin dan berharap tetap mengawal serta mewujudkan masyarakat Sumut yang lebih baik,” ujarnya.

Sementara itu, kata Soetarto nama-nama yang akan menempati pimpinan DPRD kabupaten dan kota baik Ketua maupun Wakil Ketua secara keseluruhan telah diputuskan oleh DPP.

“Tinggal dua lagi yang masih dibahas yaitu Deli Serdang dan Simalungun,” ucapnya.

Menurut Soetarto PDIP berhasil mendapatkan pimpinan dewan di 23 daerah dan seluruh kandidat pimpinan tersebut telah mengikuti uji kepatutan yang dilakukan DPP partai.

“Kami telah mengantongi nama-namanya dan tinggal menunggu surat resmi dari DPP partai, untuk sementara belum bisa dipublish ke teman-teman media,” pungkasnya.

Perbaiki Kinerja Dewan

Sementara itu, Baskami Ginting mengucapkan terima kasih kepada DPP PDIP yang memberikannya kepercayaan. Ia berjanji akan mengemban kepercayaan tersebut sebaik mungkin dan menjaga nama baik partai.

Persoalan kinerja dewan beberapa pekan terakhir, diakuinya tengah menjadi sorotan publik. Sebab, beberapa agenda sidang paripurna terpaksa dibatalkan akibat tingkat kehadiran yang minim. Alhasil, pengesahan P-APBD 2019 urung dilakukan dan selanjutnya diserahkan ke Kemendagri.

“Itu menjadi fokus ke depan, agar tidak terulang kembali. Nanti sebagai pimpinan akan menyurati seluruh fraksi agar mengawasi tingkat kehadiran anggota dewannya masing-masing,” katanya ketika dihubungi, Jumat (6/9).

Ketua Fraksi PDIP Sumut ini juga akan berkoordinasi dengan seluruh anggota dewan nantinya dalam rangka meningkatkan kualitas kinerja, khususnya dalam mengawasi kinerja Pemprov Sumut.

“Kami ini kan pengawas, maka tingkat pengawasan perlu ditingkatkan dalam rangka percepatan pembangunan dan upaya mensejahterakan masyarakat,” paparnya. (TMC/MBD)

Print Friendly