Sekdis PMD Langkat Harapkan TPID Kawal Komitmen Inovasi Desa

Ir.Muhammad Mirza saat bicara dihadapan peserta Rakor TIK Langkat.(Kanalmedan/Jono)

KANALMEDAN – Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) harus mengawal komitmen hasil Bursa Inovasi Desa (BID), agar inovasi dapat di replikasi di desa.

Demikian dikatakan Sekretaris Dinas PMD Langkat, Ir Muhammad Mirza dalam Rakor Tim Inovasi Kabupaten (TIK) Langkat di Hotel Grand Kananya Medan, Minggu pagi ini (21/07/2019).

Rakor dihadiri pengurus TIK Langkat, TPID, OPD, Pendamping Desa dan Tim Tenaga Ahli P3MD Langkat.

Mirza mengatakan, replikasi merupakan cara mudah untuk mencontoh kemajuan yang sudah dilakukan desa lain.

Sedangkan dengan BID, desa akan mendapat reperensi dan contoh-contoh pembangunan inovatif yang ada di daerah lain.

Karenanya, BID yang akan dilaksanakan di Kecamatan atau gabungan beberapa kecamatan terdekat (klaster), selayaknya dapat dimanfaatkan maksimal sebagai sarana pertukaran informasi dan pengetahuan inovasi desa.

Mirza juga mengingatkan agar kegiatan inovasi dilakukan secara berkelanjutan bagi desa. Para pemangku kepentingan dia ingatkan, agar melaksanakan tugas dan fungsinya mendukung program ini.

Karenanya, dia berharap agar Rakor TIK yang dibuka Plt Kadis PMD Langkat, Musti Sitepu, Sabtu kemarin dapat menguatkan komitmen para pemangku kepentingan dalam mewujudkan program PID.

Rangkaian kegiatan PID kata dia, harus berkelanjutan. Hasil BID harus ditampung di RKPDes dan dapat direplikasi di desa.

“Puncak kegiatan PID adalah mereplikasi pembangunan inovatif di desa. Karena Inovasi Desa diharapkan dapat memaksimalkan manfaat dana desa”,katanya.

Mirza juga mengingatkan banyaknya hasil komitmen BID 2018 tak masuk di RKPDes 2019.

Kenyataan ini membuktikan adanya hal yang tidak singkron. Maka dalam Rakor tersebut dia ingatkan agar semua kendala yang mungkin akan muncul agar dibahas tuntas.

“Kita berharap agar TPID kedepan tetap mengawal komitmen replikasi inovasi di desa”, katanya. (Jen)

Print Friendly