2.283 Jemaah Calhaj Kota Medan Manasik Haji Akbar

KANALMEDAN – Sebanyak 2.283 jemaah calon haji (calhaj) Kota Medan mengikuti Manasik Haji Akbar Tahun 1440 H/2019 M  yang diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama Kota Medan di Aula Madinatul Hujjaj Asrama Haji Medan, Rabu (3/7).

Acara tersebut dihadiri Walikota Medan diwakili Kepala Bagian (Kabag) Agama Kota Medan Adlan, S.Pd, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kota Medan Drs. H. Impun Siregar, MA, Kabid Penyelenggara Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Sumatera Utara Drs. H. Muslim, MM, KTU H Untung Nasution, Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kankemenag Kota Medan H. Mashudi, S.Sos, M.Si, Ketua Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Kota Medan Sangkot Saragih, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) se Kota Medan serta undangan lainnya.

Walikota Medan dalam sambutan tertulisnya dibacakan  Kabag Agama Kota Medan mengharapkan  pelaksanaan manasik haji akbar ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan Jemaah calon haji dalam memahami setiap makna yang terkandung dalam kegiatan ibadah haji yang sebenarnya.

“Setibanya di tanah suci nanti, bantulah Kota Medan dengan doa agar bisa menjadi rumah kita bersama yang aman, nyaman dan kondusif menuju Kota Medan yang baldatun thoyyibatun wa Robbun Ghofur,” ungkapnya.

Walikota Medan juga berpesan kepada jemaah calon haji agar  selalu berdoa  diberikan nikmat kesehatan dan keselamatan sehingga bisa  berangkat haji dalam kondisi yang terbaik. “Jika lahir dan bathin kita telah siap, maka Insha Allah segala rangkaian ibadah dalam rukun haji akan bisa dilaksanakan dengan sebaik mungkin,” pungkasnya.

Sementara itu Kakankemenag Kota Medan Impun Siregar mengharapkan dengan  Manasik Haji Akbar Kota Medan  diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan para Jemaah calon haji tentang prosesi ibadah haji sehingga terwujud haji mandiri dan haji yang mabrur dan meningkatkan silaturrahim antara sesama jemaah calon haji Kota Medan.

Dalam kesempatan itu, Impun  juga mengatakan, sebelum dilaksanakan Manasik Haji Akbar Kota Medan, juga telah dilaksanakan pemantapan manasik haji Kecamatan se Kota Medan sebanyak 8 kali pertemuan dan juga pembinaan Kepala regu (KARU) dan Kepala Rombongan (KAROM) Jemaah haji se Kota Medan. (Sor)

Print Friendly