Mahasiswa STAIN Madina Laksanakan KKL di 20 Desa

KANALMEDAN – Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Mandailing Natal (Madina) akan melaksanakan kuliah kerja lapangan (KKL) di 5 kecamatan meliputi 20 desa di Kabupaten Madina. KKL angkatan I akan  dimulai pada 7 Juli 2019.

“Ada 249 mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam dan Hukum Ekonomi Syariah yang akan mengikuti KKL selama 60 hari. Mereka akan bekerja sama dengan pemerintah desa beserta tokoh masyarakat setempat. Civitas akademik seperti dosen juga terlibat aktif sebagai pengawas dan penanggung jawab di setiap desa dan kecamatan,” kata Ketua Panitia Pelaksana KKL sekaligus Ketua P3M STAIN Madina, Dr Sawaludin MPdI, di kampusnya, Jumat (21/6).

Tujuan KKL ini, kata Sawaludin, sebagai upaya civitas akademika STAIN Madina bersinergi dengan program desa. Ini sebagai perwujudan tri dharma perguruan tinggi, salah satunya pengabdian pada masyarakat.

Sawaludin berharap,  para mahasiswa harus berada di garda terdepan dan mampu menggerakkan seluruh elemen masyarakat untuk senantiasa berpartisipasi aktif, bergotong royong dan memberikan kontribusi terbaik dalam menyukseskan setiap program atau kegiatan pembangunan yang dilaksanakan pemerintah.

Secara terpisah Wakil Ketua I STAIN Madina Dr Sakban Lubis MA  berharap, kehadiran mahasiswa KKL ini bakal menjadi jembatan atau perpanjangan tangan pemerintah untuk menemukan permasalahan-permasalahan yang dihadapi masyarakat, untuk selanjutnya dicarikan jalan keluar atau solusi terbaik.

“Melalui program KKL ini, mahasiswa akan terjun langsung dalam lingkungan masyarakat guna menerapkan ilmu pengetahuan yang sudah didapatkan selama mengikuti perkuliahan di kampus  STAIN Madina,” kata Sakban. (Nas/Rel)

Print Friendly