Bupati Batubara akan Hadiri Wisuda UMA

Rektor UMA Prof Dr Ir Dadan Ramdan MEng MSc (kanan) didampingi WR III Muazzul SH MHum, Ketua Panitia Wisuda Sri Irawati SSos MAP dan Kabag Humas UMA Ir Asmah Indrawati MP saat memberikan keterangan kepada wartawan, Selasa (18/6).

KANALMEDAN – Bupati Batubara Ir Zahir MAP dijadwalkan menghadiri wisuda 656 lulusan program sarjana dan magister periode I Tahun 2019, Sabtu (22/6) di Gelanggang Serbaguna Kampus I UMA, Jalan Kolam Medan Estate.

“Kami mengundang Bupati Batubara dalam kapasitasnya sebagai salah seorang lulusan UMA berprestasi. Pada wisuda itu nanti Pak Zahir akan menyampaikan pidato guna memotivasi wisudawan UMA,” kata Rektor UMA Prof Dr Ir Dadan Ramdan MEng MSc kepada wartawan di kampus I UMA, Selasa sore (18/6).

Didampingi Wakil Rektor (WR) III Bidang Kemahasiswaan Muazzul SH MHum, Ketua Panitia Wisuda Sri Irawati SSos MAP dan Kabag Humas UMA Ir Asmah Indrawati MP, rektor menjelaskan, tema wisuda kali ini adalah ekonomi digital. Diharapkan lulusan siap menghadapi dan menyesuaikan kompetensinya dengan dunia usaha yang mengarah pada ekonomi digital.

“Lulusan diharapkan memiliki kompetensi untuk terjun di dunia usaha atau berwirausaha dengan memanfaatkan era industri 4.0 sebagai peluang,” kata Dadan.

Rektor mengatakan, ini untuk kedua kalinya wisudawan UMA akan menerima ijazah, transkrip nilai dan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) sekaligus sehari pasca acara wisuda. “Sebenarnya pada hari wisuda pun bisa diserahkan langsung ijazah, tanskrip nilai dan SKPI, tapi takut tertukar-tukar, makanya diserahkan sehari pasca acara wisuda,” tutur rektor.

Pada wisuda periode I Tahun 2019 ini pula, kata rektor, ijazah yang diterima wisudawan sudah punya PIN atau Penomoran Ijazah Nasional yang dikeluarkan Kemenristekdikti RI. “Mulai wisuda ini seluruh ijazah lulusan UMA akan memiliki PIN dari Kemenristekdikti,” kata Dadan.  

WR III UMA Muazzul merincikan, 656 yang diwisuda terdiri dari Program S1 Fakultas Isipol 37 orang, Psikologi 66 orang, Biologi 5 orang, Teknik 33 orang, Pertanian 58 orang, Ekonomi dan Bisnis 174 orang, dan 101 orang. 

Kemudian Program Magister Psikologi 59 orang, Magister Administrasi Publik 69 orang, Magister Agribisnis 7 orang dan Magister Hukum 7 orang.  

“Masa penyelesaian studi mahasiswa tergolong tepat waktu, rata-rata 8-9 semester untuk program S1 dan 4-5 semester untuk program S2. Bahkan sebagian mahasiswa mampu menyelesaikan studi dalam tempo 3,5 tahun,” kata Muazzul.

Ketua Panitia Wisuda Sri Irawati mengatakan, di sela-sela wisuda Yayasan Pendidikan Haji Agus Salim (YPHAS) sebagai pengelola UMA akan memberikan apresiasi kepada dua dosen UMA yang baru menyelesaikan program studi doktor (S3). Juga ada ada apresiasi bagi sejumlah mahasiswa yang mengukir prestasi nasional dan internasional.

Serangkaian dengan wisuda, kata Sri Irawati, akan digelar bazar yang memamerkan produk dan kreasi mahasiswa binaan Pusat Karier dan Kewirausaan (PKK) UMA. (Nas)

Print Friendly