Lulusan UHN Medan Harus Inovatif dan Kreatif

Rektor UHN Medan Dr Haposan Siallagan SH MH saat memimpin rapat senat terbuka wisuda 539 lulusan UHN Medan di Gedung Selecta Hall Medan, Sabtu (25/5).

KANALMEDAN – Lulusan Universitas HKBP Nommensen  (UHN) Medan harus menjadi pribadi yang inovatif dan kreatif. Karenanya, lulusan UHN Medan harus terus belajar meperbarui diri agar bisa eksis di era industri 4.0.

Demikian dikatakan Rektor UHN Medan Dr Haposan Siallagan SH MH saat menyampaikan pidato pada wisuda 539 lulusan D3, S1, S2 dan profesi dokter UHN Medan di Gedung Selecta Hall Medan, Sabtu (25/5).

Di depan wisudawan dan orangtua wisudawan, rektor membeberkan progress UHN Medan. Saat ini, katanya, ada 55 orang dosen tetap telah bergelar  doktor. Ini jumlah yang sangat membanggakan  hati.   

“Tetapi, agar  visi-misi UHN terwujud, maka  program penyekolahan dosen ke jenjang S3 perlu diakselerasi.  Itu sebabnya, pada tahun akademik 2017/2018, sebanyak 28 orang dosen telah dikirim ke program doktor. Lalu,  pada tahun akademik 2018/2019 sebanyak 18 orang dosen diberangkatkan mengikuti program doktor sehingga dosen yang sedang mengikuti  program  doktor saat ini berjumlah  82 orang,” kata rektor.

Haposan menyatakan, pada tahun akademik 2019/2020 pihaknya merencanakan mengirim lagi 20 dosen mengikuti ke program S3. Sehingga pada tahun akademik 2019/2020 jumlah dosen yang sedang mengikuti program doktor berjumlah 102 orang.

Adapun salah satu hasil kerja sama yang sudah dibangun selama ini, kata rektor, pada  bulan Juli mendatang  seorang  dosen yang  sedang  studi  S3  di USU, Charles Manurung ST MT dan seorang mahasiswa S1 FT UHN Chilinton Hutabarat diundang mengikuti Industry Research Collaboration dari Chemnizt Technology University, Jerman. Keduanya akan berada di Jerman selama sebulan dengan biaya dari DAAD.

Selain  itu, tambah Haposan, dua mahasiswa FT UHN, Septhiani Silitonga dan Prince Marbun berhasil mendapatkan Hibah Internship Research Programme selama dua bulan di National Chung Cheng University Taiwan dengan biaya dari universitas tersebut.

Di sela-sela acara wisuda, UHN juga memberikan apresiasi kepada dosen berprestasi versi pilihan daring mahasiswa, dosen berprestasi terbaik dalam hal publikasi di SINTA, dan juga dosen yang punya reputasi internasional. 

Turut memberikan kata sambutan dalam wisuda itu, Kepala Lembaga Pelayanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Sumut Prof Dian Armanto, Ompui Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin L Tobing, Ketua Yayasan Dr Ir Nurdin Tampubolon MM, dan perwakilan alumni.

Acara wisuda dihadiri Ketua Pengawas Yayasan Dr Ir Manerep Pasaribu MT, Sekretaris Yayasan Pdt Dr Pintor M Sitanggang, anggota pengurus Dra Pinondang Nababan MM, Golfried Lubis SE Ak, Kombes (Purn) Dr Maruli Siahaan, Drs Monang Siburian, dan Sekjen Sekjen HKBP Pdt Dr David F Sibuea MMin. (Nas)

Print Friendly