Motivator Irwan Berutu Minta Mahasiswa UMA Menggali “Passion”

KANALMEDAN – Motivator nasional Irwan Wiseful Berutu meminta mahasiswa Universitas Medan Area (UMA) menggali passion atau bakat yang terpendam untuk dapat dikembangkan menjadi pemuda sukses dalam dunia usaha atau karier.

“Sebelum menemukan passion, kita tak bakalan jadi apa-apa. Karenanya salah satu kunci menggapai sukses adalah menggali passion kita,” kata Irwan saat menjadi narasumber pada sosialisasi Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) II tahun 2019 yang digelar Pusat Karier dan Kewirausahaan (PKK) UMA di Gedung RD I-1 Fakultas Ekonomi (FE) UMA, Jalan Sei Belutu Medan, Kamis (11/4).

Sosialisasi KBMI dibuka secara resmi Wakil Rektor Bidang Kemasiswaan Muazzul SH MHum, dihadiri Wakil Dekan (WD) I FE UMA Heri Syahrial SE MSi, WD Bidang Kemahasiswaan Ir M Yamin Siregar MM, Kepala PKK UMA Ahmad Prayudi SE MM, Kabag Humas UMA Ir Asmah Indrawati MP, dan para dosen FE UMA.

Di depan 200 peserta sosialisasi KBMI UMA, Irwan Berutu membeberkan, seorang ibu yang memaksakan anaknya kuliah di Fakultas Kedokteran, padahal sang anak takut melihat darah, setelah tamat sang anak akan jadi pengangguran. Itu karena passion si anak buka di bidang kedokteran.

 “Tapi passion saja tak cukup untuk meraih sukses. Harus dibarengi dengan kerja keras. Manjadda wajada, artinya siapa yang punya fighting sprit atau bersungguh-sungguh dia yang akan berhasil. Jadi action power itu bicara tentang perbanyak ikhtiar atau action,” kata penulis buku best seller “Action Power” ini.

Sementara itu, Kepala PKK UMA Ahmad Prayudi SE MM kepada pers di sela-sela kegiatan mengatakan, kegiatan ini digelar atas tingginya minat mahasiswa UMA mengikuti Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI). Pada sosialisasi KBMI pertama beberapa waktu lalu, diikuti sekira 200 mahasiswa, dan pada kegiatan kedua ini juga diikuti mencapai 200 mahasiswa UMA.

 “Kami menyediakan kursi 140 orang saja, tapi yang datang mencapai 200 orang. Ini menunjukkan misi UMA tercapai, salah satunya menumbuhkembangkan kewirausahaan,” kata Prayudi.

Prayudi juga menyatakan bersyukur, UMA terbanyak memenangkan KBMI dari seluruh perguruan tinggi di luar Pula Jawa. Bahkan sejak 2017 mahasiswa UMA sudah mengikuti Ekspo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI), yakni meraih stan terbaik di Pontianak, Kalimantan Barat. Kemudian kembali mengirimkan mahasiswa pada Ekspo KMI 2018 di IPB Bogor. “UMA juga siap mengirim mahasiswa mengikuti KMI 2019 di Batam,” kata Prayudi.

Selain itu, tambah Prayudi, mahasiswa UMA yang menjadi pemenang KBMI 2018 Mina Riang Hia kini  terpilih mewakili Sumut untuk fasilitator KBMI 2019 ke kampus-kampus di area Sumatera dan Aceh.

Sementara itu, WR Bidang Kemahasiswaan UMA Muazzul berharap, dengan sosialisasi KBMI ke-2 ini mampu menumbuhkembangkan wirausaha baru kreatif yang inovatif dari kalangan mahasiswa UMA. Dengan demikian ke depan makin banyak pula mahasiswa UMA yang memenangkan KBMI di level nasional.  (Nas

)

Print Friendly