Serta Ginting, Sang Centeng Senayan

BIOGRAFI : Serta Ginting foto bersama rekan dan sahabat usai menyerahkan buku biaografi.(Kanalmedan/Mayjen Simanungkalit)

KANALMEDAN – Politisi Senior HN Serta Ginting Luncurkan Buku “Sang Centeng ke Senayan”, dirangkaikan dengan peringatan HUT (hari ulang tahun) nya ke 72 tahun di Medan Club, Kamis (28/3) malam.


Mantan anggota DPR RI ini meluncurkan buku biografinya, dihadiri Wakil Ketua DPRD Sumut Ruben Tarigan, Wali kota Medan diwakili Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Medan Darussalam Pohan.

Hadir juga mantan Bupati Karo Prof Ir Meneth Ginting, mantan pengurus SP-BUN Jhon Modal Pencawan, Ketua KP2N (Komunitas Peduli Perkebunan Negara) Sumut Zulkifli Barus, tokoh masyarakat Karo Yusuf Pehulisa Sitepu, Ketua DPP PMS (Pemuda Merga Silima) Mbelin Brahmana dan ratusan undangan lainnya.

Serta Ginting yang saat itu didampingi isterinya Mukhrina Siregar, anak-anak beserta cucu dan kerabatnya terlihat tetap tersenyum. Apalagi ketika tiba acara pemotongan kue ulang tahun, seluruh tamu undangan mendapatkan kue darinya.

Dalam pidato singkatnya, Serta Ginting menceritakan perjalanan hidupnya sejak kecil hingga berhasil jadi anggota DPR-RI dalam sebuah buku setebal 219 halaman yang ditulis Christian Orchard Peranginangin dan Dini Usman.

Serta Ginting kelahiran Desa Munthe Kabupaten Karo pada 28 Maret 1947. Pernah menjabat di pemerintahan sebagai anggota DPRD Labuhanbatu selama 3 periode, anggota DPRD Sumut selama 1,5 periode dan anggota DPR RI satu periode.

Dijelaskannya jabatan di pemerintahan yang diraihnya bukan merupakan hal mudah, tapi penuh perjuangan dan jalanan yang berliku. “Jika mengenang perjalanan hidup sejak kecil, saya tidak menyangka rejeki yang diberikan Allah ini. Saya hanyalah anak kampung dari Desa Lau Prenggunen Kecamatan Lau Baleng Karo,” katanya.

Serta mengaku semasa kecilnya dikenal pemberani dan gemar berkelahi. Jika ada yang tidak benar menurut putra pasangan Lelang Abdul Hadi Ginting (ayah) dan Muat Bana br Sembiring (ibu) akan tetap dikoreksinya dan dipertahankannya walaupun berakhir dengan perkelahian.

Sementara itu, Meneth Ginting mewakili tokoh masyarakat dalam sambutannya mengaku bangga memiliki putra Karo yang sukses menduduki posisi penting. Keberhasilan ini tidak terlepas dari sosok Serta yang dikenal ramah dan gemar membantu siapa saja yang membutuhkannya.

Pada kesempatan itu, Serta Ginting juga menyerahkan buku biografinya secara simbolis kepada berbagai perwakilan undangan, yakni Wakil Ketua DPRD Sumut Ruben Tarigan, Ketua DPP PMS Mbelin Brahmana, Zulkifli Barus (mewakili pensiunan karyawan perkebunan), mewakili Wali Kota Medan Darussalam Pohan, Wartawan Harian SIB Firdaus Peranginangin SH (mewakili wartawan) dan lainnya. (Jen/FP)

Print Friendly