Konjen Singapura di UMSU Jajaki Kerja Sama Pendidikan dan Ekonomi

KANALMEDAN, Medan – Konsulat Jenderal Singapura di Medan Dr. Edmund Chia melakukan kunjungan silaturahmi ke Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), menyampaikan pandangannya mengenai potensi kerja sama pendidikan dan ekonomi antara Indonesia dan Singapura.

Kehadiran Konjen Singapura disambut Rektor UMSU, Prof. Dr. Agussani, MAP didampingi Wakil Rektor III, Assoc. Prof. Dr. Rudianto, M.Si serta para Kepala Biro dan Lembaga. Pertemuan silaturahmi digelar di kampus Jalan Kapten Mukhtar Basri, Medan, Jumat (4/10/2024).

Menurutnya meskipun Singapura hanya memiliki lima universitas, mereka melihat Sumatera Utara sebagai wilayah yang sangat penting karena kedekatan geografis dan historis dengan Singapura.

“Banyak warga Singapura yang berasal dari Aceh atau Padang, dan kami berharap hubungan ini dapat semakin erat, khususnya dalam proyek-proyek ekonomi dan investasi di masa depan,” ujar Dr. Chia.

Dia menyoroti tiga bidang utama yang menjadi fokus Singapura yaitu pangan, energi hijau, dan ekonomi digital. Sumatera Utara memiliki peran penting dalam pengembangan energi terbarukan, dan Singapura sangat kuat dalam sektor teknologi.

Dia mengungkapkan bahwa Singapura sangat tertarik untuk mengirim lebih banyak pelajar ke Sumatera Utara, termasuk dalam bentuk program pertukaran pelajar di UMSU. Dalam waktu dekat, beberapa perwakilan universitas Singapura akan datang ke Sumatera Utara untuk memperkuat kerja sama ini.

“Kami melihat Muhammadiyah sebagai mitra yang sangat kuat dan unggul dalam pendidikan, dan kami berharap dapat bekerja sama lebih erat dalam program-program pendidikan,” kata Konjen Singapura tersebut.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Agussani menyatakan harapannya untuk memperkuat hubungan dengan Singapura., terutama dalam pengembangan program beasiswa da pertukaran mahasiswa.

“Kami berharap dapat mengembangkan program beasiswa dari Singapura. Kami juga siap menjalin hubungan yang lebih erat antara Indonesia dan Singapura, khususnya melalui sektor pendidikan,” ujar Prof. Agussani.

Sebelumnya, Rektor UMSU menerima kunjungan Konjen Jepang , Dr. Takonai Susumu dalam rangka memberikan kuliah umum dan penjajakan peluang kerja sama. Dalam kesempatan itu, Konjen Jepang juga berkesempatan meninjau hasil inovasi mahasiswa Fakultas Teknik.

Kehadiran Konjen Singapura dan Jepang ke UMSU ini menurut Wakil Rektor III yang menangani kerja sama menunjukkan pentingnya hubungan internasional dalam dunia pendidikan, khususnya bagi UMSU.

Wakil Rektor III, Dr. Rudianto, M.Si, menyampaikan bahwa UMSU siap menyambut kedatangan mahasiswa Singapura dalam program-program pertukaran pelajar yang direncanakan.

“Kami sangat siap menerima kunjungan mahasiswa dari Singapura di masa mendatang,” ujar Dr. Rudianto.

Melalui kunjungan ini, UMSU berharap dapat terus memperluas jaringan internasionalnya, sekaligus memberikan wawasan baru bagi para mahasiswa mengenai perkembangan Islam di negara-negara lain serta peluang kerja sama pendidikan yang lebih luas di Asia Tenggara.

Turut hadir ⁠Staf bagian Humas, Kebudayaan dan Pendidikan, Utari, Staf Kementerian Luar Negeri Singapura Mr. Nurhisham bin Herman, Staf Pendamping Konjen Singapura Vincent Lorentius, Pimpinan Fakultas se-UMSU, Staf Ahli UMSU Prof. Dr. R. Sabrina, M.Si, Tim OIC, Kepala Biro dan Mahasiswa Peserta Kuliah Umum. (Nas)

Print Friendly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.