Siswa Madrasah Harus Memiliki Karakter, Kualitas dan Berdaya Saing

KANALMEDAN- Kakanwil Kemenag Sumut Ahmad Qosbi Nasution mengatakan Madrasah adalah bagian dari sejarah peradaban Islam dalam mencetak generasi madani. Peradaban Islam mengajarkan keseimbangan antara fikir (nalar) dan zikir (moral spiritual).

Madrasah merupakan sebuah lembaga pendidikan Islam yang mempertemukan antara intelektual dan moral. Lembaga pendidikan madrasah juga memiliki peranan, tanggungjawab dan tantangan yang besar untuk diselesaikan sebagai upaya peningkatan sumber daya manusia berkualitas dan berdaya saing.
Demikian sambutan Kakanwil Kemenagsu dieakili Ketua Tim Humas Data dan Informasi (HDI) Kanwil Kemenag Sumut Mulia Banurea SAg MSi pada acara Media Gathering mengusung tema ‘Menggapai Prestasi Madrasah’ di Hotel Syariah Grand Jamee, Medan, Kamis (26/9/2024).
Madrasah sebagai lembaga pendidikan memiliki fokus pada pengembangan karakter siswa. Selain diberikan pendidikan agama yang kuat, siswa juga diberikan pendidikan umum setara dengan sekolah lainnya.
Pembangunan karakter yang kuat merupakan hal yang sangat penting dalam pendidikan, karena karakter yang kuat akan membantu siswa untuk menghadapi berbagai tantangan di masa depan, baik dalam dunia pendidikan maupun di kehidupan sosial dan profesional.
Selain pembangunan karakter, hal yang tidak kalah pentingnya adalah prestasi siswa yang merupakan salah satu indikator keberhasilan dalam pembelajaran di madrasah.
Setiap siswa diajarkan untuk berkompetisi dengan diri sendiri dan berusaha menjadi yang terbaik, bukan sekadar untuk mengalahkan orang lain. ‘’Hal ini membantu siswa mengembangkan kemampuan diri, agar menjadi pribadi yang mandiri,’’ jelasnya.
Upaya pengembangan karakter dan prestasi pembelajar madrasah terus dilakukan sebagai bagian integral dari proses pembelajaran bermakna.
Setiap pembelajar madrasah harus memiliki sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, kerja keras, dan semangat belajar yang tinggi. Kemampuan berkompetisi mereka juga semakin kuat dan kesiapan mereka untuk unjuk gigi di setiap kompetisi maupun olimpiade di tingkat nasional maupun internasional.

Sementara itu, Katim Kurikulum Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sumut Dr Nursyamsiah MA memaparkan tentang misi Madrasah.

Salah satu misi Madrasah meningkatkan daya guna dan hasil guna pendidikan pada Madrasah, kurikulum madrasah yang berciri khas Islam peningkatan kuantitas dan kualitas sumber daya pendidikan, penguatan lembaga Madrasah sehingga terciptanya lembaga yang Islami.
‘’Penguatan ciri khas Islam, meningkatan ketaatan siswa dalam mengamalkan agama. Jadi misi madrasah penting untuk dilaksanakan agar menciptakan siswa siswi yang berkualitas,’’ cetusnya.
Nursyamsiah menambahkan prestasi peserta didik di Madrasah merupakan hal yang penting, karena produk suatu sekolah yang paling sering dan umum menjadi sorotan yakni prestasi yang didapatkan peserta didik, baik di bidang akademi dan non akademi,’’katanya.sor

Print Friendly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.