Kanwil Kemenagsu Teken MoU dengan PTN, PTS, Dispursip dan KPD Sumut

KANALMEDAN, Medan – Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara menandatangani naskah kesepahaman kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan 23 Perguruan Tinggi Negeri dan Perguran Tinggi Swasta tentang Penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Dinas Perpustaakaan dan Arsip (DIspursip ) Sumut tentang Pemanfaatan Fasilitas Perpustakaan dan Pengembangan SDM dan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumatera Utara tentang Penyiaran Terkait Informasi Pelayanan Keagamaan dan Pendidikan Agama, di Aula Kanwil Kemenag Sumut, Selasa (24/9/2024).

Penandatanganan dilakukan pada acara Pertemuan Stakeholder Mengusung Layanan Pendidikan yang Inovatif dan Transformatif oleh Plh Kakanwil Kemenagsu Drs.H. Muhammad Yunus, MA didampingi seluruh Kabid dan Pembimas, Katim Humas, Data dan Infrormasi Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenagsu H. Mulia Banurea, S.Ag, M.SI, Katim Hukum, Advokasi, Kerjasama dan Pengawasan Orang Asing H. Syafaruddin Lubis, SH, M.Si, Rektor Perguruan Tinggi Negeri dan Rektor Perguruan Tinggi Swasta atau perwakilan, Sekretaris Dispursip Sumut Drs.Alfian Hutahuruk, M.Pd serta Ketua KPID Sumut Anggia Ramadhan, SE, M.Si.

Plh Kakanwil Kemenagsu Muhammad Yunus mengatakan, Tiga dari tujuh program outlook Kementeriam Agama RI adalah ekositem moderasi beragama yang ekspansif, menyajikan layanan keagamaan yang premium dan terjangkau dan mengusung layanan Pendidikan yang inovatif dan transformatif.

“Maka, Tim Kerja HDI Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara membangun komunikasi dan koordinasi kepada para pemangku kepentingan baik itu PTN dan PTS, Dispursip dan KPID Sumut untuk meggelar penandatanganan Nota Kesepahaman antara lembaga tersebut dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara,” ungkapnya.

Muhammad Yunus menyampaikan, di era sekarang peran institusi pendidikan, khususnya perguruan tinggi dalam pengembangan sistem kontrol di masyarakat sangat signifikan.

Oleh karena itu, dia meyakini bahwa, kolaborasi dan sinergi antara Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara dengan Perguruan Tinggi Negeri, Perguruan Tinggi Swasta, dan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Provinsi Sumatera Utara Insha Allah akan sangat berpotensi untuk berkiprah lebih banyak bagi pembangunan bangsa dan negara.

“Kami sangat yakin, kerja sama yang terjalin ini akan menghasilkan sinergi yang menguntungkan bagi semua pihak,” ujarnya. (Sor)

Print Friendly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.