Perpusnas RI Beri Penghargaan ke UMSU Press, Syaiful Syafri: Itu Prestasi dari Kreativitas dan Inovasi

KANALMEDAN, Jakarta – Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia (RI) memberi penghargaan Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam (SSKCKR ) tahun 2024 kepada Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) melalui Unit Penerbitan UMSU Press, Kamis (19/09), di Lantai 2 Gedung Perpusnas RI Jalan Merdeka Selatan Jakarta.

Penghargaan diserahkan Kepala Perpusnas RI yang diwakili Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi Mariana Ginting didampingi Direktur Deposit dan Pengembangan Koleksi Emyyati Tangke Lembang kepada Kepala Perpustakaan UMSU Dr Muhammad Arifin, MPd selaku penerbit UMSU Press dari kalangan perguruan tinggi, di acara Pekan Penghargaan SSKCKR tahun 2024.

“Iya benar UMSU Press menerima penghargaan SSKCKR tahun 2024 hari ini dari Kepala Perpusnas RI. Dan penghargaan itu pantas diperoleh karena prestasi dari Smsebuah kreatifitas dan inovasi mengelola Perpustakaan UMSU yang dipimpin Dr Muhammad Arifin, MPd bersama para pengelola dan mendapat dukungan penuh dari Rektor UMSU Prof Dr Agussani, M.AP,” kata Kadis Perpustakaan dan Arsip Daerah Sumut 2007 – 2010 lepada wartawan di Medan, Kamis (19/9).

Menurut Syaiful, sejak Muhammad Arifin ikut mengelola Perpustakaan UMSU pada tahun 2018 telah ter akreditasi A. Juga hasil penilaian 2023 Perpustakaan UMSU kembali menerima sertivikat akreditasi A. “Itu karena pengelolaan dan pelayanan yang baik, penuh kreativitas dan inovasi,” kata Syaiful.

Sisi lain, tambah Syaiful, Perpustakaan UMSU memiliki sudut baca, perpustakaan digital dan Relawan Perpustakaan hingga berdiri UMSU Press. Maka berbagai penghargaan diterima, karena Relawan Perpustakaan UMSU dan UMSU Press mendorong para dosen, mahasiswa serta masyarakat luas untuk gemar membaca, berdiskusi dan menulis tulisan karya ilmiah atau sejenisnya lalu diterbitkan menjadi sebuah buku oleh UMSU Press yang terdaftar di ISBN,” kata Syaiful.

“Jadi Perpustakaan UMSU dan UMSU Pres ini benar-benar aktif menjalankan amanah UU NO. 13 tahun 2018 tentang SSKCRK dan untuk meningkatkan gemar membaca (literasi), berdiskusi dan menulis di kalangan dosen, mahasiswa, dan masyarakat luas sesuai teema tahun 2024 dalam pemberian penghargaan dari Perpusnas RI, yakni melangkah bersama membangun kreativitas anak bangsa,” tambah Syaiful.

Mantan Kadis Pendidikan Simut ini berharap para pengelola perpustakaan di Sumut, baik perpustakaan daerah, perguruan tinggi, sekolah menengah sampai perpustakaan desa disamping penerbit buku, bisa berprestasi seperti Perpustakaan UMSU dan UMSU Press untuk peningkatan SDM masyarakat dan peningkatan kualitas pendidikan di Sumut..

Khusus para penulis Bbku kata Syaiful Syafri, baik buku karya ilmiah, buku budaya, buku sejarah, dan jeni lainnya, bisa menulis dengan apa yang dilihat, dikerjakan, atau di mteliti dari berbagai aspek yang berkembang dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, dan jika mungkin dalam menulis tidak semata berpedoman teori yang ditulis ilmuan. “Karena ilmu berkembang sesuai kemajuan zaman,” pungkas Syaiful. (Nas)

Print Friendly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.