KUA Medan Amplas dan Puskesmas Amplas Kolaborasi Bimwin Sejuta Catin

KANALMEDAN – Kantor Urusan Agama ( KUA) Kecamatan Medan Amplas kolaborasi dengan Unit Pelayanan Teknis Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana serta Puskesmas Kecamatan Medan Amplas gelar Bimbingan Perkawinan (Bimwin) pada calon pengantin (Catin) yang telah terdaftar untuk menikah.

Bimwin berlangsung di aula Balai Nikah Kantor Urusan Agama Medan Amplas, Kamis ( 12/9/2024).

Kepala KUA Kecamatan Medan Amplas, M Lukman Hakim Hasibuan MA mengatakan, Bimbingan perkawinan pranikah sangat penting bagi calon pengantin untuk menambah wawasan baik dalam aspek spiritual dan ilmiah, sehingga pernikahan nantinya dapat membawa keharmonisan dan kebahagiaan dalam berumah tangga.

“Banyak aspek multidimensional yang harus diperhatikan dalam pernikahan, karena pernikahan bukan sekedar memperhatikan kesiapan fisik dan biologis saja tetapi juga mental yang kuat,” kata Lukman seraya menambahkan bahwa tumah tangga itu laksana bahtera yang suatu saat akan diterjang gelombang yang kadang tenang dan kadang berombak. Untuk itu, harusmengubah mindset saat telah menikah.

Lukman menambahkan, fenomena perceraian yang terus meningkat perlu disikapi dan diwaspadai melalui pembekalan ilmu pengetahuan terkait pernikahan agar catin siap lahir dan batin untuk menjalankan kehidupan rumah tangga, kata mantan KaKUA Medan Helvetia ini.

Sementara itu, ketua koordinator UPT Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana, Nadra SKes mengatakan, hal terpenting dalam kehidupan berumah tangga adalah mewujudkan keluarga yang berkualitas. Dimana pasutri saling bekerja sama menjaga kualitas kesehatan dan gizi anak, jangan sampai generasi tidak berkualitas.

“Pemerintah memberikan perhatian besar terhadap pencegahan stunting, dimana pendampingan diberikan kepada keluarga yang mengalami stunting pada anak, yaitu anak yang kurang gizi sehingga pertumbuhan badannya tidak sesuai dengan usianya karena negara menginginkan negara yang kuat dan bermartabat,” ujar Nadra.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri para penyuluh Agama Islam kecamatan Medan Amplas, sebagai garda terdepan bidang advokasi dan penyuluhan kepada masyarakat.

Sementara dr. Mahadar Sari mengatakan, catin harus menjaga kesehatan alat reproduksi agar terwujud generasi berkualitas dari sebuah pernikahan.

“Pasangan yang alat reproduksinya bermasalah sebaiknya cepat diobati dengan menjaga kebersihan diri, tidak salah masing masing pasangan juga mengontrol kesehatan dirinya dengan konsultasi ke dokter spesialis tanpa menunggu ‘masalah’ terlebih dahulu,” tegas mahadar. sor

Print Friendly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.