Kabid Penmad Buka KSM 2024 Tingkat Kemenag Kabupaten/Kota di MAN 2 Langkat

KANALMEDAN-Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara H Ahmad Qosbi SAg MM diwakili Kepala Bidang Pendidikan Madradah ( Kabid Penmad) Dr H Erwin P Dasopang MSi, buka acara Kompetisi Sains Madrasah ( KSM) tahun 2024 tingkat Kab/ kota di MAN 2 Langkat, Senin ( 1/7/2024).
KSM tingkat Satuan Pendidikan dimulai pada tanggal 24 Mei – 7 Juni 2024, KSM tingkat Kabupaten/Kota pada 1 – 3 Juli 2024, KSM tingkat Provinsi pada tanggal 5 – 6 Agustus 2024 dan KSM tingkat Nasional September 2024 di Ternate Provinsi Maluku Utara.
KSM tahun 2024 ini mengusung tagline baru Madrasah yaitu : “Madrasah Maju, Bermutu, Mendunia”.
Menurut Erwin, pelaksanaan KSM pada tahun 2024 ini ada perbedaan dari tahun sebelumnya.
Kompetisi bersifat merit-based yaitu menjadikan kualifikasi dan kompetensi peserta sebagai
pertimbangan penilaian. Selain itu, KSM 2024 menambahkan kompetisi system beregu di mana siswa berkolaborasi dalam tim.
KSM Tahun 2024 bertujuan untuk memperteguh akhlak mulia, kreatif, inovatif,
berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat, disiplin serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.
Secara khusus KSM 2024 bertujuan menyediakan wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains. Memotivasi siswa madrasah agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama.Menumbuhkembangkan budaya kompetitif dan kolaboratif untuk maju bersaman-sama meraih prestasi di kalangan siswa madrasah dan menjaring siswa-siswi terbaik di madrasah dalam bidang sains dan teknologi untuk meneruskan studi lanjut sarjana di perguruan tinggi terkemuka nasional dan perguruan tinggi internasional.
Lebih lanjut Erwin mengatakan, peningkatan kualitas Pendidikan khususnya di bidang sains madrasah merupakan tanggung jawab bersama.
Melalui kegiatan KSM,
Erwin berharap terjalin sinergi yang kuat antara pihak madrasah, guru, dan para peserta didik untuk terus berupaya meningkatkan prestasi dan kompetensi di bidang sains.
“Ananda sekalian,
Saya bangga melihat semangat dan antusiasme yang kalian tunjukkan yang datang dari
berbagai madrasah di kabupaten/kota ini.
Kalian adalah generasi penerus bangsa yang memiliki potensi besar untuk membawa perubahan dan momentum KSM ini merupakan kesempatan emas untuk menunjukkan kemampuan terbaik ananda dengan
menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran, sportivitas, dan semangat juang yang tinggi.
Jadikan kompetisi ini sebagai motivasi untuk terus belajar dan berprestasi”, pinta Erwin.
Menurut Kabid, Kemenangan dalam berkompetisi adalah hasil dari kerja keras, ketekunan, dan doa.
” Selamat berkompetisi. Bagi yang nantinya akan meraih juara, saya ucapkan selamat dan teruslah berprestasi hingga ke Grand Final Tingkat Nasional. Dan bagi yang belum berhasil, janganlah berkecil hati, tetap semangat, dan jadikan ini sebagai pengalaman berharga untuk lebih baik di masa depan”, pesan Erwin.
Dalam kesempata tersebut, Kabid juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras mempersiapkan dan
mendukung terselenggaranya KSM tahun 2024 tingkat kabupaten/kota di MAN 2 Langkat.
Hadir pada acara pembukaan KSM tersebut, Kasi Penmad Kemenag Langkat, Kepala MAN 2 Langkat dan kepala madrasah lainnya.sor

Print Friendly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.