Guru Besar UT-MARA Malaysia Kuliah Umum di FEB UMA, Paparkan Keterampilan Berpikir Strategis

Guru Besar in Strategic Management, Faculty of Business & Management, Universiti Teknologi MARA, Malaysia, Prof Dr Za’faran Hassan (ketiga kiri) diabadikan bersama Dekan FEB UMA Ahmad Rafiki, PhD, CIMA (kanan), Wakil Rektor Bidang Mutu Sumber Daya Manusia dan Perekonomian Dr Dedi Sahputra, MA dan moderator Mutia Rahmi Darmansyah.

KANALMEDAN – Medan : Guru Besar in Strategic Management, Faculty of Business & Management, Universiti Teknologi MARA, Malaysia, Prof Dr Za’faran Hassan, menyampaikan kuliah umum internasional bertopik “Developing Successfull Strategic Thinking Skill” (mengembangkan keterampilan berpikir strategis yang sukses) di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Medan Area (FEB UMA), Selasa (25/6/2024).

Kegiatan yang digelar di Convention Hall Kampus 2 UMA, Jalan Sei Serayu/Sei Belutu itu diikuti mahasiwa dan dosen sejumlah perguruan tinggi di Medan seperti UISU, UINSU, USU, Politeknik Negeri Medan, UMSU dan Unpab serta UMA selaku tuan rumah.

Dekan FEB UMA Ahmad Rafiki, PhD, CIMA, kepada pers seusai kuliah umum mengatakan, kuliah umum internasional ini disambut dengan antusias oleh peserta baik mahasiswa UMA maupun mahasiswa dan dosen dari luar UMA.

“Alhamdulillah, sambutan peserta luar biasa. Kami berharap peserta kuliah umum internasional ini baik mahasiswa maupun dosen bisa meningkatkan kemampuan berpikir dan mengetahui konsep-konsep terkait dengan strategi berpikir yang bermanfaat untuk pembelajaran dan penelitian ke depan,” kata Rafiki.

Ditambahkannya, kuliah umum ini merupakan rangkaian program FEB UMA dalam rangka menyahuti tantangan internasionalisasi. Selain itu, untuk mengimplementasikan MoU antara UMA-Universiti Teknologi (UT) MARA Malaysia yang sudah terjalin sejak lama.

“Ke depan akan dilanjutkan dengan program yang terkait dengan internasionalisasi baik dari Malaysia maupun dengan negara-negara lainnya ” tutur dekan.

Sementara itu, Prof Dr Za’faran Hassan dalam kuliah umumnya mengatakan, topik yang disampaikannya diharapkan dapat mencerahkan mahasiswa agar bisa berpikir strategis guna merancang masa depan mereka yang gemilang.

“Pelajar (mahasiswa) harus berpikir jauh ke depan, agar tindakan-tindakan mereka dalam masa sekarang dan masa pertengahan berdampak pada masa yang panjang. Pemikiran-pemikiran strategis ini memerlukan ketekunan individu untuk berpikir secara menyeluruh, dan memahami visi dan misi sebagai gambaran masa depan. Ini agar mahasiswa mampu menghadapi perubahan yang terus berlangsung,” kata Prof Dr Za’faran.

Dalam paparannya berbahasa Melayu dan Inggris, Prof Za’paran Hassan juga mengatakan, mahasiswa harus mampu mengambil risiko agar sukses mencapai apa yang dicita-citakan. Untuk itu, mahasiswa harus berpikir menyeluruh bahwa apa yang mereka laksanakan bukan sekadar hari ini tetapi untuk kesuksesan di masa depan yang berdampak baik untuk orang banyak.

“Jadi pelajar harus berpikir dan bertindak secara menyeluruh untuk masa yang panjang agar mereka dapat memastikan bahwa diri mereka mempunyai kemampuan untuk mengambil risiko agar mereka sukses menggapai cita-cita,” tuturnya.

Pemikiran strategis ini, tambahnya, hendaknya bukan hanya diterapkan untuk mahasiswa, tapi juga harus digalakkan untuk semua kalangan.

Kuliah umum internasional ini dihadiri Rektor UMA diwakili Wakil Rektor Bidang Mutu Sumber Daya Manusia dan Perekonomian Dr Dedi Sahputra, MA, para ketua prodi dan dosen FEB UMA. Kuliah umum dipandu moderator Mutia Rahmi Darmansyah. (Nas)

Print Friendly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.