UINSU Medan Peringkat 6 Peminat Terbanyak UM-PTKIN se-Indonesia, Peringkat 1 di Sumatera


Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr Azhari Akmal Tarigan, M.Ag didampingi Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof Dr Katimin, MA, Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Pengembangan Lembaga Prof Dr Muzakkir, M.Ag, Kepala Biro AAKK Drs Ibnu Sa’dan, M.Pd, Kabag Akademik Yunni Salma, S.Ag. MM, Ketua Tim Kerjasama Kelembagaan dan Humas, Subhan Dawawi, S.Pd.I MM, dan Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data UINSU Dr Muhammad Ikhsan, S.T., M.Kom, dalam Konferensi Pers Pelaksanaan Sistem Seleksi Elektronik (SSE) UM-PTKIN Tahun 2024, di Auditorium Perpustakaan Kampus IV UINSU Medan, Senin (24/6/2024).

KANALMEDAN – Tuntungan : Sebanyak 4.544 orang mendaftar Sistem Seleksi Elektronik Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SSE UM-PTKIN) Tahun 2024 di Universitas Islam Negeri Sumatera Utata (UINSU ) Medan. Dari jumlah itu, UINSU  Medan menjadi peminat pertama terbanyak di Pulau Sumatera dan peringkat ke 6 se-Indonesia.

“Dari jumlah 4.544 orang mendaftar, yang peserta Ujian di Panlok UINSU Medan tahun 2024 sebanyak 3948 orang,” ujar Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr Azhari Akmal Tarigan, M.Ag dalam Konferensi Pers Pelaksanaan Sistem Seleksi Elektronik (SSE) UM-PTKIN Tahun 2024, di Auditorium Perpustakaan Kampus IV UINSU Medan, Tuntungan, Kecamatan Pancur Batu, Deli Serdang, Senin (24/6/2024).

Saat konferensi pers digelar, Rektor UINSU Medan Prof Dr Nurhayati, MAg sedang menghadiri launching SSE UM-PTKIN se Indonesia yang digelar di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kegiatan ini dilaunching langsung Menteri Agama Gus Yaqut Cholil Qoumas.

Didampingi Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof Dr Katimin, MA, Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Pengembangan Lembaga Prof Dr Muzakkir, M.Ag, Kepala Biro AAKK Drs Ibnu Sa’dan, M.Pd, Kabag Akademik Yunni Salma, S.Ag. MM, Ketua Tim Kerjasama Kelembagaan dan Humas, Subhan Dawawi, S.Pd.I MM, dan Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data UINSU Dr Muhammad Ikhsan, S.T., M.Kom,
Prof Azhari Akmal Tarigan menambahkan, SSE UM-PTKIN adalah jalur seleksi ujian yang diselenggarakan dengan menggunakan media perangkat Personal Computer (PC) yang memiliki kamera depan untuk mendukung kegiatan UM-PTKIN yang berbasis daring atau online.

Ujian dilaksanakan di Panitia Lokal (Panlok) UINSU pada Senin-Kamis, 24-27 Juni 2024 dan Sabtu-Minggu, 28-29 Juni 2024 melalui 3 sesi per hari dan 120 menit per sesi dengan 278 peserta per sesi dan 20 peserta per ruang.

Ujian masuk Perguruan Tinggi Tahun 2024 dilakukan secara (online onsite) daring berlokasi di kampus IV UINSU  Medan.

“Sedangkan kelulusan para peserta SSE pada jalur UM-PTKIN kali ini ditentukan dari nilai hasil SSE peserta tersebut. Jika hasil yang didapat oleh para peserta memenuhi kriteria yang ditentukan panitia, maka peserta punya peluang untuk dinyatakan lulus seleksi,” jelasnya.

Penyelenggaraan UM-PTKIN dilaksanakan secara bersamaan oleh 58 PTKIN dan satu PTN mulai dari UIN, IAIN, dan STAIN di seluruh Indonesia yang dikoordinasi oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.

“Melalui SSE UM-PTKIN diharapkan dapat menjaring calon mahasiswa yang memiliki kemampuan yang baik,” harapnya.

Mantan Dekan FKM ini menambahkan, UM-PTKIN merupakan kelanjutan dari SPAN-PTKIN. Kedua jalur tersebut merupakan jalur masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Hanya perbedaannya SPAN-PTKIN dilakukan tanpa ujian tertulis dan khusus untuk siswa (calon mahasiswa) yang berprestasi, sedangkan UM-PTKIN dilaksanakan dengan menggunakan SSE untuk semua calon peserta lulusan SMA/Sederajat untuk 3 tahun terakhir.

Adapun materi ujian yang diuji yakni Penalaran Akademik, Penalaran Matematika, Literasi Membaca dan Literasi Keislaman.

Prof Azhari Akmal Tarigan menambahkan, tahun 2024, jalur penerimaan Mahasiswa Baru UINSU antara lain, SNBP, SPAN PTKIN, SNBT, UM PTKIN, UM Mandiri UINSU.

Sementara jumlah kuota mahasiswa baru UINSU  Medan Tahun 2024 sebanyak 6.972 orang yang diterima 5 jalur yaitu melalui:

  1. Jalur UM-PTKIN : 2479 orang untuk 31 Prodi.
  2. Jalur SNBP : 697 orang (telah diumumkan).
  3. Jalur SPAN PTKIN : 1.737 orang (telah diumumkan).
    4. Jalur SNBT : 896 orang (telah diumumkan).
  4. Jalur UM Mandiri : 1.043 orang, masih menunggu jadwal yang akan dilaksanakan pada Juli – Agustus 2024

Sedangkan peminat teratas jalur UM PTKIN yaitu Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Perbankan Syariah, Akuntansi Syariah dan Ekonomi Islam.

“Kelulusan UM-PTKIN akan diumumkan pada 08 Juli 2024,” tutur Akmal Tarigan.(Nas)

Print Friendly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.