Idul Adha 1445 H, UMSU Sembelih 60 Ekor Hewan Kurban

KANALMEDAN – Pimpinan dan sivitas akademika Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) melaksanakan agenda tahunan, penyembelihan hewan kurban pada perayaan Idul Adha 1445 Hijriah, Senin (17/6). Tahun ini sebanyak 60 ekor hewan kurban, di antaranya 41 ekor disembelih di kampus utama UMSU Jalan Mukhtar Basri, sementara sisanya 19 ekor diserahkan kepada masyarakat sekitar kampus dan beberapa daerah yang tersebar di Medan, Langkat, Pakpak Barat, Deliserdang, Aceh.

Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP, secara simbolis menyerahan masing-masing dua ekor hewan kurban ke masyarakat sekitar kampus yakni warga lingkungan 3 dan lingkungan 8 (pinggir rel) Glugur Darat II di belakang Kampus utama UMSU. Dihadiri Wakil Rektor I Prof. Dr. Muhammad Arifin Gultom, M.Hum, Wakil Rektor II Prof. Dr. Akrim, M.Pd, Wakil Rektor III Dr. Rudianto, M.Si, Badan Pembina Harian (BPH), Pimpinan fakultas, lembaga , tokoh masyarakat dan warga sebagai penerima hewan kurban.

Rektor Prof. Dr. Agussani, MAP mengatakan, pemberian hewan kurban ke masyarakat telah menjadi komitmen UMSU dalam perayaan Iduladha setiap tahunnya. Pemberian hewan kurban itu bentuk rasa syukur, wujud kepedulian dan komitmen ketaatan.

“Alhamdulillah, UMSU setiap tahunnya selalu memberikan hewan kurban kepada masyarakat, tentu ini bagian dari komitmen Universitas terhadap tri dharma perguruan tinggi, pengabidian kepada masyarakat dan kepedulian sosial,” kata Rektor UMSU.

Rektor UMSU Prof. Agussani menegaskan bahwa ini bagian dari upaya membangun hubungan dengan masyarakat, karena eksistensi UMSU tidak terlepas dari dukungan masyarakat sekitar. Diharapkan kegiatan ini dapat memupuk rasa kebersamaan dan kepemilikan serta masyyarakat dapat ikut mendukung pelaksanaan Muktamar Muhammadiyah 2027.

“Hari ini kita saksikan semangat dan kegembiraan. Saya merasa terharu, seluruh komponen terlibat dan bahu membahu,” kata Prof. Agussani.

Sementara itu, Kepala lingkungan 3 Glugur Darat II, Fernando menghaturkan terima kasih kepada UMSU yang selalu memperhatikan dan memperioritaskan lingkungan sekitar. Begitu juga dengan perwakilan masarakat lingkungan 8 yang merasakan peran positif kehadiran UMSU bagi masyarakat, “Semoga UMSU selalu sukses,” ujarnya.

Menurut Ketua Panitia, Wakil Rektor II UMSU Prof. Dr. Akrim, M.Pd, penyembelihan 60 ekor hewan kurban dilakukan di empat kampus UMSU yakni Kampus Utama, Fakultas Kedokteran, Pascasarjana dan Kampus 4 yang berada di Sampali, Percut Sei Tuan. Melibatkan pegawai UMSU sebanyak 380 orang, dosen dan pegawai yang berkurban sebanyak 287 orang dan mitra yang berpartisipasi memberikan bantuan hewan kurban sebanyak 9 perusahaan.

Selain dibagikan ke sivitas akademika UMSU, hewan kurban juga diserahkan ke masyarakat Desa Jaring Halus Langkat yang merupakan salah satu desa binaan UMSU. Hal ini sebagai bentuk komitmen dan perhatian UMSU terhadap masyarakat di Desa binaan.

Dibanding tahun sebelumnya terdapat peningkatan jumlah hewan kurban UMSU yaitu 58 ekor menjadi 60 ekor. ” Semoga tahun depan jumlah pekurban lebih banyak lagi sehingga bisa memberikan le ih banyak manfaat ke masyarakat,” katanya. (Nas)

Print Friendly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.