Ketua PPIH Embarkasi Medan Ingatkan JCH Jaga Kekompakan

KANALMEDAN-Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan H Ahmad Qosbi SAg MM mengingatkan Jamaah Calon Haji (JCH) Embarkasi Medan agar selalu menjaga kekompakan, kesabaran dan tolong menolong.

Hal tersebut disampaikan Ahmad Qosbi pada acara pelepasan kloter 21 di aula Madinatul Hujjaj Asrama Haji Medan, Selasa (4/6/2024).

Ketua PPIH Embarkasi Medan yang juga Kakanwil Kemenag Sumut Ahmad Qosbi didampingi Kabag TU, H Muhammad Yunus MA dan Plh Kemenag Kota Medan H Untung Nasution MHI mengingatkan jemaah haji agar selalu menjaga sopan santun selama di tanah suci, patuhi aturan yang telah ditetapkan pemerintah Arab Saudi. Tamu Allah diharapkan untuk tidak melakukan swafoto (selfie) secara berlebihan terutama di area Masjidil Haram dan Mesjid Nabawi karena akan mengganggu kekhusyukan beribadah serta berpotensi ditangkap aparat kemanan.

“Selama 40 hari melaksanakan ibadah haji di tanah suci, yang menentukan mabrur atau tidaknya adalah saat wukuf di Arafah, maka manfaatkanlah waktu saat wukuf di arafah dengan memperbanyak ibadah, seperti sholat sunat dan zikir serta meminta ampun atas dosa-dosa yang telah dilakukan,” katanya.

Pada petugas haji, menjadi petugas haji Qosbi minta agar melaksanakan tugas dengan tulus dan Ikhlas semata-mata mengharap ridho Allah SWT.

“Petugas haji harus melayani Tamu Allah dengan sepenuh hati, tanpa membeda-bedakan latar belakang daerah,” tegasnya.

Kelompok Terbang (Kloter) 21 Embarkasi Medan berjumlah 360 orang, terdiri dari jemaah haji Kota Medan 154 orang, Padangsidimpuan 142 orang dan Mandailing Natal 57 orang ditambah 7 orang petugas.

Sementara itu, Plh Kemenag Medan yabg juga sebagai KTU, H Untung Nasution MHI mengatakan, JCH Medan yang tergabung di Kloter 21 sebabyak 154 jamaah.

Ia berharap pada JCH agar mematuhi semua aturan dan peraturan terkait perhajian serta menjaga kekompakan dan saling tolong menolong.” Semoga menjadi haji mabrur dan mabruroh”, kata Untung. (sor)

Print Friendly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.