Rahmat Shah dan Kakanwil Kemenagsu Lepas Kloter 19

KANALMEDAN – Hingga kloter 19, Jemaah Calon Haji (JCH) Embarkasi Medan yang sudah diberangkatkan ke tanah suci Makkah sebanyak 6788 atau 77,61% dari total kuota 8746 orang.

“Hingga kloter 19 ini kita sudah memberangkatkan jamaah Sumatera Utara sebanyak 6.788 jamaah dari 8.746 dan saat ini tinggal 1.958 jamaah lagi,” ujar Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan, Ahmad Qosbi, Minggu (2/6/2024) saat
pelepasan kloter 19.

JCH pada Kloter 19 berasal dari Simalungun dan Medan. Kloter 19 dilepas Kakanwil Kemenag Sumut, Ahmad Qosbi dan tokoh masyarakat Sumut, Rahmat Shah yang juga Konsul Kehormatan Turki.

Jamaah termuda pada kloter 19 atas nama Rizki Ananda Hasibuan (18) dan tertua, Samsul Bahri Berutu (92).

Selain itu terdapat pada kloter ini yang tertunda keberangkatannya karena sakit atas nama Tuminem Kromo Tukiran (69). Selanjutnya ada satu jamaah lainnya yang open seat asal Serdang Bedagai, M Nawawi, pendamping Mahabiah Bachtiar dari Kloter 16.

Sementara jamaah yang akan menyusul sebanyak 6 kloter lagi, dengan total jamaah 1.958 orang.

Ia berharap pada jamaah kloter 19 agar meluruskan niat berhaji, dan saling menolong dan membantu antar sesama .

Sementara itu, Rahmat Shah, meminta dan mengingatkan agar para jamaah menjaga emosi dan banyak beristighfar, karena di Tanah Suci banyak cobaan.

“Jaga emosi kita karena cobaan di sana berat. Soal emosi suami istri, berkawan, bersaudara orang tua, anak jaga emosi. Banyak godaan, banyak cobaan itu yang paling penting. Saya lihat karena di rombongan kami, waktu itu walaupun bukan haji biasa haji VVIP katanya haji yang istimewa tapi tetap godaan cobaan itu sangat besar. Banyak-banyak istighfar, berdoa dan zikir Insyaallah semua akan lancar,” ujarnya.

Presiden Rahmat Foundation ini juga mengingatkan agar para jamaah menjaga etika beribadah. Dengan tidak berselfie di dapan Ka’bah. (sor)

Print Friendly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.