UMA Siap Hasilkan Lulusan Profesional Hadapi Revolusi Industri 4.0

Rektor UMA Prof Dr Dadan Ramdan MEng MSc didampingi Dekan Fakultas Hukum Dr Rizkan Zulyadi saat mewisuda salah satu lulusan,  Sabtu (22/6) di Gelanggang Serbaguna Kampus I UMA  Jalan Kolam Nomor 1 Medan Estate.

KANALMEDAN – Universitas Medan Area (UMA) siap menghasilkan lulusan profesional untuk menghadapi revolusi industri 4.0 dan ekonomi digital. Untuk mewujudkan hal itu, lulusan yang memeroleh ilmu yang tinggi juga harus memiliki etika dan akhlak yang luhur sehingga lulusan atau alumni yang dihasilkan mampu berfikir inovatif memiliki sifat kreatif yang berakhlak mulia serta memiliki kemandirian yang tinggi dan bisa bersaing kompetitif serta profesional.

Hal itu ditegaskan Rektor UMA Prof Dr Dadan Ramdan M Eng MSc saat mewisuda 656 lulusan periode I tahun 2019, di Gelanggang Serbaguna Kampus I UMA  Jalan Kolam Nomor 1 Medan Estate, Sabtu (22/6).  Lulusan yang diwisuda berasal dari 20 program studi (prodi) terdiri dari 474 orang lulusan program sarjana dan 182 orang magister.

Hadir pada kesempatan itu, Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP,  Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah I Sumut Prof Dian Armanto,  Ketua Yayasan Haji Agus Salim (YPHAS) Drs M Erwin Siregar MBA, anggota senat dan civitas akademika UMA.

Prof Dadan menambahkan karakter perubahan abad 21 yang  cepat dan serba mengejutkan telah mendorong dunia memasuki era baru yang dikenal dengan revolusi industri 4.0 dan ekonomi digital. Peradaban baru ini menuntut manusia untuk mengubah pola pikirnya dan merespon secara cepat tanpa keterikatan waktu dan tempat.

Untuk itu, lanjutnya, UMA terus berupaya meningkatkan kualitas dan kemampuan yang dimiliki agar mampu bersaing dan beradaptasi di era ekonomi digital saat ini.

Upaya itu mendapat dukungan dari berbagai pihak. UMA melakukan kerjasama dengan sejumlah institusi dalam bidang akademik maupun nonakademik guna meningkatkan kualitas layanan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat terutama untuk meningkatkan kemampuan alumni agar mampu bekerja dan berkarya sesuai disiplin ilmunya.

“Tahun ini, UMA melaksanakan kerjasama dengan sejumlah BUMN dalan kegiatan magang bersertifikat untuk mahasiswa semester akhir.  Tujuannya agar mahasiswa memiliki pengalaman di dunia kerja dan membuka jalan untuk memperoleh pekerjaan,” kata Prof Dadan.

Ketua YPHAS HM Erwin Siregar dalam sambutannya mengatakan, UMA memiliki komitmen yang kuat mewujudkan institusi pendidikan yang berkualitas dan berdaya saing di tingkat nasional maupun Internasional.  Hal ini dibuktikan dengan hasil yang dicapai yakni memiliki 3 prodi dengan nilai akreditasi A pada tahun ini, dan mempersiapkan visitasi akreditasi bagi 7 program studi untuk capaian nilai akreditasi A.

“Selanjutnya memeroleh akreditasi jurnal ilmiah sebanyak 3 jurnal prodi pada bulan Oktober 2018, perpustakaan dengan nilai A dari Badan Perpustakaan Nasional pada tahun 2019, rangking nomor 2 di Sumut dan Rangking WeboMetric Rangking of World Universities tahun 2019 dan mendapatkan prestasi akademik dan juara kompetisi bagi dosen serta mahasiswa di tingkat nasionak maupun internasional,” kata Erwin. (Nas)

Print Friendly