Tujuh Siswa SD Sumut Lolos ke Final OSK 2019

Lima dari tujuh siswa SD terbaik Sumut yang lolos ke babak final OSK 2018 diabadikan bersama Supervisor Dian Pustaka Bookstore, Inpres Surbakti (kiri), dan Kepala SD Sutomo 1 Medan Helen SSi Apt (kanan) seusai penyerahan apresiasi di SD Sutumo 1 Medan, Rabu (19/6). (foto: kanalmedan/nas)

KANALMEDAN – Tujuh siswa Sekolah Dasar(SD) dari Provinsi Sumatera Utara (Sumut) memastikan diri lolos ke babak final  Olimpiade Sains Kuark(OSK) 2019 yang akan dilaksanakan pada 6 – 7 Juli 2019 di Titan Center dan Bina Nusantara School Tangerang, Banten.

Ketujuh siswa ini lolos ke babak final setelah mengalahkan ribuan siswa di babak penyisihan dan babak semifinal yang dilaksanakan di beberapa kota/kabupaten di Sumut belum lama ini.

Adapun ketujuh siswa yang lolos ke babak final OSK 2019 masing-masing Muhammad Aditya(SD Sutomo 1 Medan), Albert Sudjono(SD Sutomo 2 Medan), Keiza Adeeta(SDS Namira Medan), Keane Culver (SD Bangun Insan Mandiri Medan), Joshafat Keith Simorangkir (SD Prime One School Medan ), Yosua Adravito Sitompul (SD Plus Pride Pematang Siantar ), Aubert Saragih (SDK Methodist Pematang Siantar).

“Ketujuh siswa duta Sumut ini akan bersaing dengan utusan daerah lain dari seluruh Indonesia untuk menjadi yang terbaik di OSK 2019,” ujar Inpres Surbakti, supervisor Dian Pustaka Bookstore selaku penyelenggara OSK  untuk wilayah Sumut, seusai menyerahkan apresiasi kepada tujuh siswa yang lolos ke babak final OSK 2019, di gedung SD Sutumo 1 Medan, Jalan MH Thamrin No 55/Jalan Jambi 40 B Medan, Rabu (19/6).   


Lima dari tujuh siswa SD terbaik Sumut yang lolos ke babak final OSK 2018 diabadikan bersama orangtua. (foto: kanalmedan/nas)

Didampingi Kepala SD Sutomo 1 Medan Helen SSi Apt, Inpres Surbakti menjelaskan, OSK merupakan olimpiade sains dengan jumlah peserta terbesar di Indonesia yang dilaksanakan sejak 2007. Selain menyelenggarakan olimpiade sains setiap tahunnnya, Kuark juga menerbitkan buku pelajaran sains yang dikemas dalam bentuk komik yang sangat menarik, sehingga melalui komik sains kuark akan meningkatkan minat siswa belajar tentang sains. Ini karena komik sains kuark membuat pelajaran sains jadi mudah dan menyenangkan.

Dikatakan, Dian Pustaka Bookstore yang beralamat di Jalan Berastagi no.16 B Medan telepon 061 4575603 sebagai distributor komik sains kuark dan sebagai panitia penyelenggara OSK untuk wilayah Sumut, senantiasa berkomitmen untuk ikut berperan membantu pemerintah dalam memajukan pendidikan Indonesia khususnya Sumut.

“Harapan kami OSK bukan hanya sekadar ajang kompetisi sains, tetapi juga jadi wadah bagi anak-anak Indonesia menggali dan menunjukkan potensinya untuk menjadi agen perubahan di masa depan,” kata Inpres Surbakti.

Dalam kesempatan itu, Kepala SD Sutomo 1 Medan Helen SSi Apt berharap, duta Sumut yang berkompetisi di babak final OSK 2019 akan pulang dengan membawa medali. Ini mengingat peserta yang terbagi dalam tiga level, yakni level I kelas 1-2, level II kelas 3-4, dan level III kelas 5-6, telah melewati babak penyisihan dan semifinal yang berlangsung ketat di Sumut.

“Anak-anak saya harap tetap semangat. Kalian adalah duta Sumut yang akan mengharumkan nama daerah kita di OSK 2019,” kata Helen. (Nas)

Print Friendly