PT CBN dan UMA Kerja Sama Layanan Digital dan Magang

KANALMEDAN – PT Cyberindo Aditama (CBN), perusahaan penyedia layanan komunikasi data dan solusi teknologi informasi digital, dan Universitas Medan Area (UMA) menandatangani nota kesepahaman kerja sama atau memorandum of understanding (MoU) dalam bidang layanan digital dan praktik kerja lapangan (PKL) atau magang bagi mahasiswa.

Penandatanganan MoU dilakukan Rektor UMA Prof Dr Dadan Ramdan MEng MSc dan Presiden Direktur CBN Bayu Dani Danarto Simarsono di Covention Hall Kampus I Jalan Kolam Medan Estate, Senin (18/3).

Hadir dalam acara itu, Wakil Rektor Bidang Kerja Sama UMA Dr Ir Zulheri Noor MP, Kepala Humas Ir Asmah Indrawaty MP. Dari PT CBN hadir Head of Corporate Secretary Harry Dharma Setiawan sekaligus memberikan kuliah umum bertema “Unlocking Digital Ecosystem in Indonesian” di depan ratusan mahasiswa Fakultas Teknik UMA.

Presiden Direktur PT CBN Bayu Dani Danarto Simarsono dalam sambutannya mengatakan, sebagai perusahaan penyedia layanan komunikasi data dan solusi teknologi informasi digital, pihaknya sudah menjalin kerja sama 140 perguruan tinggi di Indonesia. Kerja sama ini, katanya, sangat penting karena Indonesia sudah memasuki era digital.

Dalam rekrutmen karyawan, katanya, CBN  tidak melihat kualifikasi pendidikan, melainkan kompetensi. “Yang penting ada kemauan untuk berkreasi dan inovasi. Tamatan SMA atau yang belajar otodidak pun kami rekrut jika punya kompetensi. Bahkan ada karyawan PT CBN yang dulunya bekerja di bidang office boy sekarang menjadi karyawan berprestasi kami karena menunjukkan kemampuan dan kompetensi dibanding karyawan lainnya,” katanya.

Karenanya, dia mengajak mahasiswa bekerja keras meningkatkan kompetensinya. “Era digital ini milik para anak muda. Suka atau tidak suka, pemerintah dan stakeholder lainnya harus memenuhi tuntutan era digital,” katanya.     

Rektor UMA Prof Dadan Ramdan dalam kesempatan itu mengatakan, kerja sama dengan PT CBN di antaranya bertujuan agar mahasiswa UMA bisa magang atau PKL dan melihat langsung dunia kerja di perusahaan tersebut.

“Mahasiswa UMA harus siap menerima kenyataan di lapangan bagaimana seluk beluk dunia kerja. Kalau bisa, sebelum tamat sudah diterima bekerja karena sudah memiliki skill dan kompetensi,” kata Guru Besar UMA dalam ilmu Pemograman Komputer dan Teknik Kendali ini.

Dikatakan, dalam dunia cyber layanan internet maupun digital merupakan kebutuhan utama sehingga dibutuhkan mahasiswa dan lulusan yang punya keahlian komputer yang baik. Apalagi, CBN memberikan fasilitas berupa uang transportasi dan makan bagi mahasiswa yang mengikuti magang kerja di Jakarta selama tiga atau enam bulan dan 1 tahun. 

“Ini merupakan program CBN untuk mencari talenta dalam merekrut karyawan di perusahaan penyedia layanan komunikasi ini,” tambah mantan Dekan Fakultas Teknik UMA ini. (Nas)

Print Friendly