Medan Barat Keluar Sebagai Juara Umum MTQ 2019

KANALMEDAN –  Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi menutup gelaran festival Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke- 52 Kota Medan Tahun 2019 yang digelar di Jalan Kapten Rahmad Buddin, Kelurahan Terjun, Kecamatan Medan Marelan, Sabtu (16/3) malam. Penutupan festival pemuliaan kitab suci Al Qur’an yang telah berlangsung selama sepekan sejak Sabtu (9/3) Maret lalu tersebut dipenuh oleh para pengunjung. Tercatat puluhan ribu warga memadati arena MTQ yang berasal dari seluruh penjuru Kota Medan.

Dalam pelaksanaan MTQ ke 52 kali ini, Kecamatan Medan Barat keluar sebagai juara umum dengan perolehan sebesar 93 point. Kemudian di posisi runner-up berhasil direbut Kecamatan Medan Area dengan perolehan nilai 45 point, setelah sebelumnya berhasil menjadi juara umum di MTQ ke-51 tahun lalu. Disusul juara ketiga dengan jumlah point yang sama yakni 36 point diraih oleh Kecamatan Meda Petisah dan Medan Maimun.

Selanjutnya Kecamatan Medan Selayang ditetapkan menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQ ke-53 Tingkat Kota Medan tahun 2020. Hal tersebut ditandai dengan pemberian bendera MTQ dari petugas Paskibraka kepada Wakil Wali Kota Medan untuk diserahkan kepada Camat Medan Selayang Sutan Tolang Lubis. Penyerahan bendera MTQ tersebut turut disaksikan Sekda Kota Medan Ir Wirya Alrahman MM, Unsur Forkopimda Kota Medan, Anggota DPRD Kota Medan F- Gerindra Surianto, perwakilan OPD di lingkungan Pemko Medan serta seluruh Camat se-Kota Medan.

Menurut  Wakil Wali Kota, MTQ harus dijadikan sebagai media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif.  Secara nyata telah terbukti MTQ  mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan di daerah. Yang terpenting ungkap Wakil Wali Kota, bagaimana penyelenggaraan MTQ bisa menggairahkan masyarakat untuk senantiasa mempelajari dan memahami  Al Qur’an sebagai pedoman dan petunjuk hidup manusia.

Selanjutnya Wakil Wali Kota mengungkapkan, Al Qur’an sebagai sumber inspirasi dan ilmu pengetahuan tidak pernah habis untuk digali dan dikaji. Dikatakannya, keluhuran nilai-nilai ajaran  Al Qur’an sebagai pedoman dan pandangan hidup perlu ditumbuhkembangkan melalui proses pendidikan, baik formal maupun informal.

 “Syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, sebab pelaksanaan MTQ yang berlangsung selama sepekan ini telah berjalan dengan baik. Saya berharap event ini mampu melahirkan qari-qarian untuk bisa ikut  dalam kegiatan dan jenjang yang lebih tinggi  lagi. Alhamdulillah, Kota Medan sampai saat  ini masih menajdi basis qori qoriah terbaik,” kata Wakil Wali Kota.

Semoga MTQ kali ini bilang Wakil Wali Kota, dapat  menjadi aktualisasi diri menjadi yang terbaik dan dapat terus melanjutnya ke tingkat nasional maupun internasional. Di samping itu Wali kota juga berharap agar festival pemuliaan kitab suci Al Qur’an  ini dapat memberikan pengaruh yang positif kepada masyarakat Kota Medan dalam mencintai Al Qur’an.

 “Melalui MTQ ke-52 Tingkat Kota Medan tahun 2019, mari kita jadikan momentum untuk mensukseskan gerakan meng-Qur’an-kan masyaraklat dan memasyarakatkan Al Qur’an sehingga akan lahir generasi-generasi yang Qur’ani,”  harapnya.

Wakil Wali Kota menjelaskan, generasi  Qur’ani adalah generasi yang menjadikan Al Qur’an sebagai pedoman hidup. Kemudian meyakini kebenaran Al Qur’an, membaca dan memahaminya dengan baik serta mengamalkannya dalam seluruh aspek kehidupan. “Jika ini terwujud,  gerenasi qur’ani  akan menjadi idaman bagi umat Islam kapun dan dimana mereka hidup dan berada,” paparnya.

Kemudian kepada seluruh pengunjung yang hadir dalam acara penutupan MTQ tersebut, Wakil Wali Kota mengajak untuk senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Di samping itu juga terus menumbuhkan semangat membaca dan mempelajari Al Qur’an  dengan benar serta menjadikannya sebagai pedoman hidup dalam menghadapi  derasnya pengaruh globalisasi bagi umat Islam, terutama anak-anak maupun generasi muda selaku penerus perjuangan bangsa.

Sekaitan dengan itulah papar Wakil Wali Kota, Pemko Medan telah melaksanakan program Maghrib Mengaji  dan sampai saat ini berjalan dengan lancar. “Saya berharap masyarakat yakni orang tua, ulama dan pemuka agama, kelurahan, kecamatan serta Lembaga Agama Islam mengajak generasi Islam Kota Medan secara persuasif untuk mengikuti program tersebut,” jelasnya.

Dengan mengikuti program Maghrib Mengaji, jelas Wakil Wali Kota, dapat menggali potensi, minat dan baca Al Qur’an  menuju generasi Qur’ani yang cerdas, berprestasi dan berakhlakul karimah sehingga terwujud Medan rumah Kita menjadi kota masa depan yang multikultural, berdaya saing, humanis, sejahtera dn religius.

Terakhir, Wali Kota menyampaikan ucapan kepada kafilah yang menjadi juara umum dan berpesan agar dapat meningkatkan lagi kemampuan dan prestasinya di jenjang yang lebih tinggi lagi. Sedangkan bagi kafilah yang belum mendapat gelar juara, Wali Kota mengingatkan agar tidak berkecil hati dan terus belajar sehingga bisa meraih prestasi pada MTQ k2-53 Kota Medan tahun 2020.

Selain memberikan piala dan uang pembinaan kepada qori-dan qoriah pemenang MTQ, panitia juga membagikan piala dan uang pembinaan kepada  pemenang  pawai ta’aruf yang digelar untuk memeriahkan pembukaan MTQ. Juara pertama pawai ta’aruf dimenangkan Kecamatan Medan Marelan, juara kedua diraih Kecamatan Medan Timur dan Kecamatan Medan Tuntungan sebagai juara ketiga.

Selanjutnya untuk pemenang stand terbaik tingkat kecamatan, juara pertama diraih tuan rumah Kecamatan Medan Marelan,  Kecamatan Medan Labuhan juara kedua dan Kecamatan Medan Sunggal Juara Ketiga.  Untuk stand terbaik tingkat OPD diraih Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang Medan sebagai juara pertama, Dinas Ketahanan Pangan juara kedua dan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberayaan Masyarakat Kota Medan sebagai juara ketiga. Sedangkan stand favorit diraih TP PKK Kota Medan. (Nas)

Print Friendly