Azhari AM Sinik: URC Percepat Kinerja PU Medan Bangun Infrastruktur

KANALMEDAN – Direktur Eksekutif Lembaga Independen Pemerhati Pembangunan Sumut (LIPPSU) Azhari AM Sinik menyebut, kahadiran Unit Reaksi Cepat (URC) di Dinas Pekerjaan Umum (PU) Medan, dapat mempercepat pembangunan infrastrktur jalan di kota ini.

“Intinya, URC  nantinya juga sangat membantu  Kepala Dinas PU Isya Ansari dalam membangun jalan dan drainase di 21 kecamatan di Kota Medan,” kata Azhari AM Sinik kepada pers, menanggapi hasil Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kota Medan yang digelar selama dua hari di Medan, pekan lalu.

Dijelaskan, sejak menjabat Kadis PU Medan menggantikan Khairul Syahnan, Isya Ansari dinilai telah membuat terobosan untuk memperluas pembangunan jalan dan drainase hingga ke tingkat pedesaan, dengan melibatkan tenaga honor di lingkungan kerja PU Medan. “Para tenaga honor ini nantinya akan disebar di 21 kecamatan, dan 151 kelurahan di Kota Medan, untuk mendapatkan data, informasi dan kondisi jalan di kawasan terebut,” ujar Sinik.

Sehingga, lanjut Sinik, laporan tersebut akan ditindaklanjuti dan disikapi Kadis PU Isa Ansari, untuk menentukan skala prioritas pembangunan jalan dan drainase. Dengan demikian, pemerataan pembangunan dapat tercepai.

Dalam Musrebang yang ditutup Walikota Medan di Hotel Emerald pekan lalu, Direktur Eksekutif LIPPSU Azhari AM Sinik juga memamparkan sejumlah ruas jalan yang hingga kini belum diperbaiki. Di antaranya Jalan Ismaliyah, dan Japaris, yang menurutnya, harus diperbaiki. “Kalau dibiarkan, maka Medan tetap akan dijuluki kota sejuta lubang,” katanya.

Karenanya,  lanjut Sinik, jalan-jalan yang berlubang tersebut perlu mendapatkan perhatian yang serius dari Pemko Medan melalui Dinas Pekerjaan Umum Medan. “Kami percaya, Kadis PU Isya Ansari akan mengambil langkah secepatnya,” kata Sinik dalam sesi tanya jawab Musrenbang bidang fisik, yang  dimediatori oleh Kadis PU Isya Ansari.

Pemerintah Kota (Pemko) Medan melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) akan berupaya untuk memperbaiki kualitas infrastruktur yang ada. Kepala Dinas PU Kota Medan, Isya Ansari, mengatakan, fokus mereka tahun ini tetap pada peningkatan kualitas jalan dan drainase.

“Tahun ini ada sekitar 100 KM jalan yang akan diperbaiki baik dengan sistem aspal hoat mix maupun aspal beton,” ujarnya.

Isya menyebut perbaikan infratruktur yang dilakukan oleh Dinas PU terbagi dua. Pertama berdasarkan hasil musrembang dan kedua berdasarkan rencana kerja (Renja).

“Biasanya kalau renja itu perbaikan infrastruktur di inti kota. Kalau musrembang atau usulan masyarakat di daerah pinggiran. Persentase 50% untuk renja dan 50 % berdasarkan musrembang,” paparnya. Berdasarkan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah), jumlah jalan pada 2021 dalam kondisi baik mencapai 98%. (Partono)

Print Friendly