Gubsu Optimis Sumut Akan Jadi Provinsi Disegani

KANALMEDAN – Gubsu Edy Rahmayadi optimis, lima tahun ke depan Sumut akan menjadi barometer bagi daerah lain dan menjadi Provinsi yang disegani di Indonesia.

“Kita akan menjadi daerah yang disegani karena prestasi, konstribusi serta memiliki peran bagi pembangunan negara yang kita cintai ini”, katanya saat memberi sambutan dalam rapat paripurna DPRD Sumut di gedung dewan Jl.Imam Bonjol No.5 Medan, Senin (25/02/2019).

Rapat paripurna DPRD Sumut dipimpin Ketua DPRD Sumut, Wagirin Arman, dalam rangka pengambilan keputusan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Sumatera Utara tahun 2018-2023.

RPJMD Provinsi Sumatera Utara tahun 2018-2023 adalah dokumen Prencanaan Pembangunan Daerah lima tahunan, yang merupakan penjabaran visi Pemprovsu dibawah kepemimpinan Gubsu Edy Rahmayadi, yaitu “Sumatera Utara yang maju, aman, dan bermartabat.

Gubsu menyebutkan, serangkaian program unggulan yang memiliki daya ungkit yang akan mendorong terjadinya “lompatan” dalam pembangunan Provinsi Sumut kedepan. Antara lain bidang pendidikan, bidang kesehatan,bidang ketenagakerjaan,bidang infrastruktur, bidang pertanian dan pariwisata.

Dalam bidang pendidikan misalnya, dilakukan dalam rangka mewujudkan masyarakat yang terpelajar, berkarakter, cerdas, berdaya saing dan mandiri. Sasaran bidang pendidikan diarahkan kepada peningkatan kualitas dan keterjangkauan layanan pendidikan dengan target tercapainya angka rata-rata lama sekolah 10,5 tahun.

Hal ini dilakukan melalui upaya peningkatan kualitas dan kompetensi guru, penambahan gaji guru honorer, penyediaan “guru terbang” dalam rangka pemenuhan kebutuhan guru di wilayah tertinggal, serta pemberian beasiswa bagi lulusan SMA berprestasi dari keluarga kurang mampu yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi.

SARANA

Selain itu juga dilakukan melalui upaya peningkatan kerja sama dengan pemerintah pusat, pemerintah kabupaten/kota, dan mendorong partisipasi BUMN/BUMD, swasta dan masyarakat dalam pembangunan dan peningkatan kualitas sarana prasarana pendidikan SMA di kecamatan sesuai dengan kebutuhan, dan pembangunan SMK yang relevan dengan kebutuhan dan potensi unggulan daerah.

Antara lain di Pematangsiantar, Padangsidimpuan, Deliserdang, Simalungun, Batu bara, Labuhanbatu Utara dan wilayah kepulauan Nias.

Rapat paripurna DPRD Sumut terhadap pengesahan RPJMD 2018-2023 tersebut sempat di tunda beberapa kali karena jumlah dewan yang hadir sangat sedikit sehingga tidak quorum. Anggota DPRD Sumut priode ini memang sudah dikenal,sangat malas masuk kerja hingga rapat paripurna sering ditunda dan molor.(Jen)

Print Friendly