Fakultas Teknik UHN Kembangkan Motor Listrik PLN

KANALMEDAN – Fakultas Teknik (FT) Universitas HKBP Nommensen (UHN) Medan akan mengoptimalkan modifikasi dan pengembangan motor listrik PLN dalam bentuk kendaraan ramah lingkungan.

Hal itu dikatakan Dekan FT UHN Medan Dr Ir Richard Napitupulu ST MT saat serah terima motor listrik PLN di Kantor PLN Wilayah Sumut, Jalan KL Yos Sudarso Medan, Kamis (21/2/2019). Hadir dalam acara itu dosen peneliti dan pembimbing mahasiswa seperti Libianko Sianturi ST MT, Ir Parulian Siagian MT, dan Ir Yetti Riris Saragi MT.

Dekan mengatakan, kepercayaan PLN itu tidak terlepas dari rekam jejak Fakultas Teknik UHN yang saat ini banyak melakukan kerja sama penelitian dengan lembaga lain.

“Banyak mahasiswa yang sudah kita kirim mengikuti pertukaran mahasiswa, dan magang di perusahaan besar. Tentu ini sebuah momentum untuk melibatkan mahasiswa dan dosen UHN dalam bentuk sinergis penelitian agar mahasiswa punya karya membanggakan,” kata Richard.

Saat ini, katanya, FT UHN sedang melakukan pembenahan dan iovasi untuk menyongsong era revolusi industri 4.0. Ini agar sarjana teknik yang dipersipakan mampu beradapasi dengan teknologi termutahkir, mampu melakukan visi teknologi jauh ke depan, dan punya karakter yang kuat serta punya tanggung jawab yang tinggi dalam pengembangan iptek untuk kemanusiaan.

“Anak-anak muda Sumut jangan ragu untuk kuliah di Fakultas Teknik UHN Medan,” tegas Doktor Teknik Mesin lulusan UI Jakarta ini.

Sementara itu, Rektor UHN Medan Dr Haposan Siallagan SH MH sangat bangga dengan yang dilakukan FT UHN. “Ini sebagai terobosan yang sangat bagus. Ini abad inovasi, maka semua mahasiswa kita dorong untuk mampu berinovasi di era industri 4.0,” kata rektor.

Saat ini, tambahnya, UHN terus melakukan pembenehan internal, penguatan manajemen, pembenahan SDM dengan satu sasaran, menjadikan UHN sebagai salah satu universitas berkelas dunia atau Wolrd Class Univesity.

Doktor Hukum Tata Negara ini kemudian memberikan apresiasi kepada PLN Wilayah Sumut yang mempercayai UHN sebagai mitra kerja. “Tentu kami bangga dan masyarakat Sumut juga ikut bangga punya PTS yang membanggakan,” tegas rektor.

Dosen peneliti Ir Parulian Siagian MT dan Libianko Sianturi ST MT menambahkan, motor listrik PLN Wilayah Sumut ini akan dibawa ke laboratoium dan selanutnya dibuatkan prototipe becak listrik sesuai dengan desain yang disepakati.

Hadir dalam acara itu Rino Gumpar Hutasoit (Senior Manager Niaga dan Pelayanan Pelanggan PLN Wilayah Sumut, P Gading Aji NP (Manager Layanan Prioritas), Hasiholan Purba (Manager Straegi Pemasaran), dan Wisnu Pujakesuma (AA Layanan Perioritas).  (NAS)

 

Print Friendly