UHN Medan Siap Kelola Kepercayaan Kemenristekdikti

KANALMEDAN – Universitas HKBP Nommensen (UHN) Medan siap mengelola kepercayaan (trust) Kementerian Riset,  Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dalam mencetak dosen-dosen muda menjadi peneliti andal bagi bangsa, dan masyarakat Indonesia.

Hal itu disampaikan Rektor UHN Medan Dr Haposan Siallagan SH MH saat menerima menerima kunjungan Kasubdit Peningkatan Kapasitas Riset Kemenristekdikti RI, Mustangimah, dan Kasi Peningkatan Kualifikasi, Kurnia Aliyanti, di Ruang Kerja Rektor, Jalan Sutomo Ujung Medan, kemarin. Kunjungan itu dalam rangka Workshop Peningkatan Kapasitas Pembinaan Penelitian  yang digelar atas kerja sama Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) UHN Medan dan Kemenristekdikti RI di Kampus UHN Medan.

Haposan Siallagan yang didampingi Wakil Rektor II Drs Charles M Sianturi MSBA mengatakan, kerja sama ini merupakan wujud nyata kepercayaan pemerintah pada UHN Medan. “Kami akan mengelola modal sosial ini karena ini adalah sebuah momen yang sangat bagus bahwa UHN secara kelembagaan siap bermitra dengan  pemerintah dalam hal pengembangan riset, khususnya dosen pemula nantinya,” tegas Rektor UHN Medan ini..

Rektor menegaskan, saat ini inovasi perguruan tingggi dalam mengelola teknologi sangat dibutuhkan. Perguruan tinggi sebagaui agent of change (agen pembaruan) harus didorong melakukan penelitian yang berguna untuk kemaslahatan bersama.

“UHN tidak usah takut menghadapi revolusi 4.0 karena ini adalah sebuah peluang. UHN harus mampu bengubah mindset dengan menjadikan era disruption ini sebagai sebuah peluang. Kita akan memperkuat kondisi internal UHN  sehingga di eksternal kita juga bisa kuat,” kata Haposan.

Bahkan, tambahnya, spirit menjadi universitas berkelas dunia bisa diraih dengan menghidupkan budaya mutu tridarma, kerja unggul, meningkatan berbagai kriteria produktivitas, kerja sama internasional, dan membangun jejaring publik (industri, pemerintah, asosiasi profesi, dan masyarakat).

Dalam kesempatan itu, Ketua LPPM UHN Medan Dr Janpatar Simamora SH MH didampingi Staf LPPM Ir Rosnawyta Simanjuntak MP, Alida Siamnjuntak SPd, dan Mori Rajagukguk SH mengatakan, lembaga yang dipimpinnya akan terus melakukan upaya peningkatan kapasitas peneliti. “Berbagai kemitraan dalam hal pelatihan dan pengembangan akan terus kita lakukan agar mutu penelitian dosen UHN lebih baik ke depan,” tegas doktor hukum tata negara Unpad Bandung ini. (NAS)

Print Friendly