Wakil Walikota Medan Lepas Jenazah Pemred Harian Andalas

KANALMEDAN – Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution melakukan takziah sekaligus melepas jenazah Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi Harian Andalas H Baharuddin dari rumah duka di Jalan Polonia/Pendidikan Gang Sempurna Medan, Rabu (20/2/2019) siang. Almarhum menghembuskan nafas terakhirnya, Selasa (19/2/2019) sekitar pukul 14.30 WIB.

Akhyar Nasution dalam kata pelapasannya mengatakan, atas nama Pemko Medan menyampaikan rasa belasungkawa sebesar-besarnya atas berpulangnya almarhum. Sebab, semasa hidupnya almarhum dikenal sebagai salah satu wartawan senior dan tokoh pers di Sumut khususnya di Kota Medan.

“Saya atas nama pribadi dan Pemko Medan mengucapkan turut berbelasungkawa sedalam-dalamnya atas berpulangnya saudara kita Bapak H Baharuddin ke Rahmatullah. Semasa hidupnya beliau dikenal sebagai insan pers yang memiliki dedikasi tinggi. Beliau juga merupakan salah seorang wartawan senior di Kota Medan khususnya,” ucap Akhyar.

Selain ucapan belasungkawa, Akhyar juga mengatakan bahwa almarhum merupakan sosok yang bersahabat dan memiliki banyak relasi. Selain itu, sambung Akhyar, alrlmarhum juga merupakan orang yang kritis dalam membuat pemberitaan.

”Almarhum juga dikenal sebagai orang yang bersahabat sehingga dapat kita saksikan banyak pelayat yang ikut melepas jenazah beliau pada siang hari ini. Itu menandakan beliau memiliki banyak relasi.”

“Selain itu, yang saya ketahui bahwa almarhum juga sangat kritis dalam menulis pemberitaan, namun tetap santun dalam berbahasa,” sambung Akhyar yang juga didampingi Kabag Humas Pemko Medan Rasyid Ridho Nasution, Wakil Ketua DPRD Medan Iswanda Ramli dan Kasi Penkum Kejatisu Sumanggar Siagian.

Akhyar juga berharap kepada seluruh keluarga yang ditinggalkan dapat kuat dan tabah menghadapi cobaan dari Allah SWT serta mengikhlaskan kepergiannya.

“Saya berharap kepada seluruh keluarga yang ditinggalkan agar tidak terus meratapi kepergian almarhum serta jangan berlarut-larut dalam kesedihan, karena ini merupakan takdir dan ujian dari Allah SWT. Ikhlaskan kepergian beliau dan selalu doakan agar dibrikan tempat terindah oleh Allah SWT,” kata Akhyar.

Diketahui, almarhum H Baharuddin tutup usia 75 tahun karena penyakit yang dideritanya. H Baharuddin ditemukan pingsan di ruang kerjanya di Harian andalas Selasa siang. Di depannya masih terbuka Kitab Suci Alquran yang baru dibacanya. Sebelum dinyatakan meninggal, almarhum sempat dilarikan ke Rumah Sakit Deli sekitar pukul 13.30 WIB pada Selasa.

Selama hayatnya beliau aktif berprofesi sebagai wartawan dan terakhir sebagai pengurus Dewan Kehormatan Provinsi PWI Sumut serta Bendahara SPS Sumatera Utara. (NAS)

 

Print Friendly