Dua Dosen UHN Medan Raih Doktor di USU

KANALMEDAN – Rektor Universitas HKBP Nommensen (UHN) Medan Dr Haposan Siallagan SH MH memberikan apresiasi kepada dua dosen UHN Medan yang baru saja lulus ujian promosi doktor (S3) di Sekolah Pasacasarjana Universitas Sumatera Utara (USU), Rabu (20/2).

Kedua dosen yang meraih gelar Doktor (Dr) itu adalah Dr dr Leo Simanjuntak SpOG, dosen Fakultas Kedokteran dan Dr Ir Timbang Pangaribuan MT, dosen Fakultas Teknik.

Timbang Pangaribuan mempertahankan disertasinya berjudul “Studi dan Desain Pengendalian Sebuah Mobile Inverted Pendulum dengan Dua Roda Bergerak Bebas pada Bidang Horizontal” dengan komisi penguji Prof Nasrudin M Noer, Prof Eddy Marlianto, Dr Mula Sigiro PhD, Dr Kerista Sebayang MS, Dr Kurnia Sembiring MS.

Sementara Leo Simanjuntak mempertahankan disertasinya berjudul “Pengaruh Ekstrak Buah Mahkota Dewa (Phaleria Macrocarpa) Terhadap Kadar Malondialdehid (Mda), Tumor Necrosis Factor – Alfa (Tnf-Α), dan Protein Light Chain 3-Ii (Lc3-Ii) Pada Model In Vitro Preeklampsia Huvec Atcc Crl 1730. Keduanya lulus dengan sangat memuaskan.

“Ini adalah sebuah pencapaian yang sangat luar biasa kepada UHN Medan. Dosen kami S3 makin bertambah. Ke depan semua dosen yang sedang studi S3 terus kita pacu untuk segera menyelesaikan program doktornya, agar UHN mampu sejajar dengan perguruan tinggi ternama,” rektor didampingi Humas UHN Medan Jonson Rajagukguk SSos MAP, di Kampus Jalan Sutomo Ujung.

Sementara itu, Leo Simanjuntak dalam disertasinya mengatakan, pemberian ekstrak buah mahkota dewa menyebabkan penurunan rerata kadar MDA, TNF-α, dan LC3-II baik setelah inkubasi 24 jam maupun 72 jam dibandingkan dengan rerata kadar kontrol tanpa diberikan ekstrak.

“Pemberian ekstrak buah mahkota dewa konsentrasi 3.906 μg/ml dan yang lebih tinggi menurunkan kadar MDA secara bermakna dengan p  < 0.05. Pemberian konsentrasi 15.625 μg/ml pada waktu inkubasi inkubasi 24 jam menurunkan rerata kadar MDA hampir sama dengan kadar pada hamil normal,” kata ahli kebidanan dan kandungan ini.

Sedangkan Timbang Pangaribuan mengatakan, sangat terharu atas pencapaian ini. Dia mengucapkan syukur dan terima kasih kepada semua pihak yang telah banyak membantu. “Terimakasih kepada semua dosen di Pascasarjana USU dan Yayasan UHN Medan yang banyak memberikan bantuan kepada saya menyelesaikan program doktor ini,” katanya. (NAS)

 

 

 

 

Print Friendly