Wali Kota Dampingi Mensos RI Serahkan Bansos

KANALMEDAN –  Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH mendampingi Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita dalam acara penyerahan Bantuan Sosial (Bansos) Sembako kepada 1.000 Kepala Keluarga (KK) kurang mampu di Kota Medan di Lapangan Benteng Medan, Kamis (14/2). Pemberian sembako tersebut merupakan bagian dari Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kemensos RI untuk seluruh daerah di Indonesia.

Selain Wali Kota, Wakil Gubernur Sumut Musa Rajeckshah juga turut hadir dalam acara tersebut. Pembagian sembako berupa beras,minyak makan dan gula pasir ini disalurkan melalui Dinas Sosial Kota Medan kepada warga kurang mampu yang sudah didata sebelumnya.

Mensos RI Agus Gumiwang mengatakan, kegiatan ini menyasar bagi semua masyarakat kurang mampu di Indonesia, termasuk Kota Medan. “Pembagian sembako ini merupakan wujud kepedulian pemerintah kepada masyarakat kurang mampu di seluruh Indonesia. Di samping itu menjadi penguat hubungan sosial antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dengan masyarakat,” kata Agus.

Sementara itu, Wagub Sumut Musa Rajeckshah mengaku senang dengan adanya pemberian sembako di Wilayah Sumatera Utara, khususnya di Kota Medan. “Kami berterima kasih kepada Kemensos RI atas pemberian sembako yang dilakukan di wilayah Sumut. Ke depan kami berharap wujud kepedulian tersebut tidak hanya diwujudkan lewat pembagian sembako tapi juga bisa menghadirkan pelatihan yang mampu meningkatkan sumber daya masyarakat (SDM) sehingga dapat merubah taraf hidup masyarakat menjadi lebih baik,” ujar Wagubsu.

Sedangkan Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH sangat mengapresiasi pemberian sembako yang diberikan kepada masyarakat kurang mampu di Kota Medan. “Pemko Medan mengapresiasi sekaligus mengucapkan terima kasih kepada Kemensos RI. Sebab, lewat program PKH tersebut masyarakat kurang mampu dapat terbantu. Semoga sembako yang diberikan tersebut dapat digunakan dengan sebaik-baiknya,” kata Wali Kota.

Selanjutnya Wali Kota menambahkan, penyerahan bansos tersebut sudah sesuai sasaran. Artinya sebelum penyerahan, Dinas Sosial Kota Medan sudah mendata secara rinci kriteria keluarga kurang mampu yang berhak menerima bansos tersebut. Dengan demikian tidak ada penyerahan bansos yang salah sasaran. “Semua mekanisme pendataan sebelum penyerahan bansos terlebih dahulu dilakukan. Hal tersebut dimaksudkan agar bansos yang diberi benar-benar sampai kepada yang berhak menerima,” pungkasnya.

Sebelum acara berakhir, Mensos RI didampingi Wali Kota dan Wagub Sumut menyerahkan sembako secara simbolis kepada 10 warga penerima bansos. Setelah itu seluruh warga akan diberikan paket bansos dengan menukarkan kupon yang sudah diberi terlebih dulu oleh petugas PKH Dinas Sosial Kota Medan di tiap kecamatan.

Acara yang dimulai sejak pukul 11.00 WIB tersebut turut dihadiri pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan, Kapolrestabes Medan serta beberapa staf khusus di Kemensos RI. (Partono)

Print Friendly