ITM dan Pemko Tebing Tinggi Lanjutkan Kerja Sama

KANALMEDAN – Rektor Institut Teknologi Medan (ITM) Dr Ir Mahrizal Masri MT IPM AER dan Wali Kota Tebing Tinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM menandatatangani nota kesepahaman kerja sama atau Memorandum of Understanding (MoU) dalam bidang pemberdayaan masyarakat, di sela wisuda lulusan ITM di Selecta Convention Hall, Jalan Listrik Medan, belum lama ini.

Penandatanganan MoU disaksikan Ketua Yayasan Pendidikan dan Sosial Dwiwarna Cemerlang SE, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Kota Tebing Tinggi Dra Sri Wahyuni MSi dan Ketua Lembaga Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) ITM Dr Cut Nuraini ST MT.

Rektor ITM Mahrizal Masri mengatakan, kerja sama pertama yang dilakukan adalah  program pendampingan Teknologi Tepat Guna (TTG) bagi masyarakat Kota Tebing Tinggi.

“LPPM ITM dan Dinas Pemberdayaan Masyrakat Kota Tebing Tinggi telah mengikat diri dalam suatu perjanjian kerja sama pembinaan inovasi Teknologi Tepat Guna di Kota Tebing Tinggi pembinaan Posyantek Kecamatan, Wartek Kelurahan, Lembaga Pendidikan dan Inovator dari masyarakat,” kata rektor.

Dia berharap, dengan kerja sama akan menghasilkan inovasi teknologi tepat guna sesuai dengan karakteristik dan potensi Kota Tebing Tinggi.

Selain itu, memberikan pendampingan pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) terhadap hasil inovasi TTG  yang ditemukan, memberikan pendampingan pemberdayaan dan pemanfaatan Inovasi TTG kepada masyarakat.

Sementara itu, Wali Kota Tebing Tinggi Umar Zunaidi Hasibuan mengatakan, hasil kerja sama yang telah dilakukan ITM dan Pemko sejak tahun 2017-2018 telah mengantarkan Kota Tebing Tinggi menjadi kabupaten/kota terbaik dalam pembinaan inovasi TTG, kabupaten/kota terbaik dalam pembinaan Posyantek, dan juara 3 Nasional Posyantek terbaik.

“Prestasi yang diraih oleh Pemko Tebing Tinggi berkat pendampingan yang dilakukan oleh penelit dan abdi masyarakat LPPM ITM. Karenanya, kedua lembaga melanjutkan kerja sama di tahun 2019 ini kata Umar,” jelasnya.

Ditambahkannya, para peneliti dan abdi masyarakat di bawah koordinasi LPPM ITM telah melakukan berbagai kegiatan, seperti pendampingan teknologi tepat guna, ceramah ilmiah, diskusi teknologi, pelatihan, penyiapan dokumen rencana pengembangan kawasan dan beberapa kegiatan lainnya yang langsung berkaitan dengan masyarakat. (NAS)

Print Friendly