Himpunan Alumni IPB Sumut Diharapkan Jadi Pilar Lahirkan Pemimpin

 

KANALMEDAN – Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA-IPB) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) diharapkan menjadi pilar alumni IPB untuk melahirkan pemimpin.  Tugas seorang pemimpin adalah melahirkan pemimpin berikutnya.

Harapan itu dikemukakan Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) HA-IPB, R Fathan Kamil, saat menyampaikan sambutan seusai melantik pengurus DPD HA-IPB Sumut periode 2019-2022, di Hotel Emeral Garden Medan, Sabtu (9/2).

Fathan Kamil menegaskan, kalau seorang pemimpin gagal dalam kaderisasi, dia bukan pemimpin dan akan punya catatan sejarah atas kegagalannya. Sebab, melahirkan pemimpin merupakan kewajiban sejarah dan beragama.

Karenanya, dia meminta pengurus DPD HA-IPB Sumut mengeluarkan segala potensinya. “Himpunan Alumni IPB harus jadi bagian strageis bagi pembangunan almamaternya dalam  melahirkan pemimpin bangsa,” kata pengusaha sukses ini.

Fathan mengungkapkan, pihaknya telah meluncurkan Program Mentoring Leader Batch I untuk mengkader calon-calon pemimpin masa depan dari kalangan alumni IPB.  “Program ini diharapkan menjaga kesinambungan semangat perubahan dan kemajuan untuk berkontribusi positif bagi bangsa dan negara. Dan pengurus DPD HA-IPB Sumut diharapkan jadi pilar menyukseskan program ini,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Ketua Dewan Pertimbangan HA-IPB Sumut Prof Hasnudi meminta pengurus DPD HA-IPB Sumut yang sudah lama “koma” segera bangkit. “Saya harapkan kepada para senior alumni membantu sepenuhnya adik-adik pengurus yang baru dilantik,” kata Hasnudi.

Hal senada disampaikan Anggota Dewan Pertimbanggan Prof Zulkkarnain Lubis. “Ayo kita bantu adik-adik alumni membangkitkan kembali Himpunan Alumni yang sudah lama vakum. Saya dukung harapan Ketum DPP (R Fathan Kamil) agar Himpunan Alumni IPB Sumut jadi pilar melahirkan pemimpin,” kata Zulkarnain.

Sedangkan Ketua DPD HA-IPB Sumut Yuda Iskandar Aruan dalam sambutannya mengajak seluruh pengurus bekerja keras membangkitkan organisasi ini kembali di Sumut. Untuk tahap awal, katanya, pengurus dibantu senior akan membenahi sekretariat.

“Tentu kami tak bisa jalan sendiri untuk mengembangkan organisasi alumni ini. Kami butuh bantuan dewan pakar, dewan pertimbangan, dewan pembina dan dewan pengawas serta senior lainnya,” kata Yuda.

Adapun Pengurus DPD HA-IPB Sumut yang dilantik di antaranya, Ketua Yuda Iskandar Aruan, Sekretaris Boyke Barmansyah Semaul, Bendahara Ida Lindiawati, Wakil Ketua Denggan Ilmi Sagala, Topan Eros Pane, Wakil Sekretaris Meidi Andika Karokaro, Fihji Indra, Wakil Bendahara Masrida Lubis dan Yulvida Mulfa.

Kemudian Bidang Organisasi Ali Sakti Nasution, Rizki Putri Meliala, dan Lia Amalia, Bidang Infokom M Wahyu Indra K, Moammar Dhani Razi dan Yuyun, Bidang Sosial Budaya dan Olahraga Diki Saeful Barkah, Lei Sinta Babo, dan Husna Tanjung, Bidang Hubungan Antarlembaga Rahmat F Siregar, Ardi Mazwar dan Prakasa Sitepu, Bidang Partisipasi Pertanian Riza Milanda Kasa, I Nyoman Ari Sudiarta, Hendra, Bidang Kewirausaan dan Pemberdayaan SDM Hartopo, Pintor Nasution dan Nurma Andriani.

Dewan Pakar di antaranya Hj R Sabrina, Emilia Lubis, Hj Siti Mardiana, Binsar Situmorang, Dewan Pertimbangan Prof Hasnudi, Prof Zulkarnain Lubis, Dewan Pembina Filino Siregar, Imam Budiharjo, dan Dewan Pengawas Dadang Rosehan.  (NAS)

 

 

 

 

Print Friendly