LTMPT Umumkan Pemeringkatan dan Eligibilitas Siswa untuk SNMPTN 2019

KANALMEDAN- Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengumumkan siswa yang masuk  pemeringkatan dan eligibel (berhak) untuk mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019 pada Senin (4/2/2019) mulai pukul 08.00 – 15.00 WIB.

“Berdasarkan penjelasan yang disampaikan Kepala LTMPT Ravik Karsidi kepada USU, bagi siswa yang eligibel dapat segera mendaftar mulai 4  Februari pukul 15.00 WIB sampai 14 Februari 2019,” kata Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Dr Runtung Sitepu SH MHum melalui Kepala Humas USU Evi Sumanti ST MHum kepada pers di kampus USU, Senin (4/2/2019).

Evi menjelaskan, pemeringkatan siswa dilakukan oleh sistem Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) berdasarkan nilai mata pelajaran siswa, yakni untuk Jurusan IPA terdiri dari mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.

Untuk Jurusan IPS terdiri dari Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi. Lalu untuk Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing.

“Sedangkan untuk SMK terdiri dari mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan),” kata Evi.

Adapun pemeringkatan dan eligibilitas siswa dilakukan, peratama untuk setiap sekolah per jurusan yang didaftarkan di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) 2019. Kedua, didasarkan pada isian data nilai oleh sekolah yang sudah diverifikasi oleh siswa, untuk mata pelajaran yang tercantum di laman www.snmptn.ac.id.

Ketiga,  eligibilitas ditentukan dengan melihat ketentuan kuota berdasarkan akreditasi sekolah seperti yang tercantum di laman www.snmptn.ac.id

Keempat, berdasarkan hasil eligibilitas, terdiri dari jumlah siswa yang eligibel untuk mendaftar di SNMPTN 2019 sebanyak 613.860 orang. Lalu, jumlah sekolah yang siswanya eligibel bisa mendaftar di SNMPTN 2019 sebanyak 14.744 sekolah.

Terkit proses pendaftaran SNMPTN, Evi Sumanti menjelaskan, siswa pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan oleh LTMPT, menggunakan NISN dan password login ke laman SNMPTN 2019 http://web.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.

Lalu, siswa pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada).

Siswa pendaftar, tambah Evi, harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN pilihan.

“Selain itu, siswa pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman http://www.snmptn.ac.id. Siswa pendaftar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN,” tutur Kepala Humas USU ini. (NAS)

Print Friendly