K2UN Harus Jadi Role Model Koperasi di Sumut

 

KANALMEDAN-Koperasi Karyawan Universitas HKBP Nommensen (K2UN) Medan harus jadi role model koperasi di Sumatera Utara (Sumut) sebagai sebuah wujud dari tata kelola ekonomi yang mengedepankan kebersamaan dan persaudaraan.

Hal itu ditegaskan oleh Rektor UHN Medan Dr Haposan Siallagan SH MH aat memberikan sambutan pada acara Rapat Anggota Tahunan (RAT) K2UN di Perpustakaan UHN, Jumat (1/2). RAT dihadiri semua anggota K2UN dari unsur pegawai dan dosen UHN Medan.

Rektor menagaskan, K2UN merupakan sebuah wadah badan usaha yang mengedepankan kebersamaan dan semua anggota punya hak dan kewajiban yang sama. Karenanya, K2UN harus mampu menjadi saluran berkat dalam membantu ekonomi anggota.

“Harapan saya ke depan, K2UN harus bisa jadi contoh yang baik dalam pengembangan koperasi sebagai soko guru perekonomian nasional,” tandas rektor seraya memberikan apresiasi khusus kepada pengurus yang telah bekerja keras.

Dalam kesempatan itu,, Ketua K2UN Medan Drs Oloan Simanjuntak MM dalam sambutannya mengatakan, agenda RAT ini dalam rangka sosialisasi program terbaru, mendengar aspirasi semua anggota, karena semua anggota punya hak dan kewajiban yang sama.

“Dengan adanya RAT ini secara rutin kita lakukan secara periodik, tentu untuk melakukan antispasi terhadap perkembangan terkini. Saat ini K2UN telah punya total aset mencapai Rp 3,5 miliar. Ke depan berbagai terobosan  dan usaha akan kita lakukan untuk menyejahrterakan semua anggota. Kesadaran berkoperasi hendaknya kita galakkan dari kampus,” kata mantan Dekan Fakultas Ekonomi UHN ini.

Oloan mengungkapkan, saat ini dunia perkoperasian banyak mati karena pengelola tidak paham fungsi koperasi. Karenanya, koperasi harus diletakkan dalam konteks menyejahterakan semua anggota dengan asas kekeluargaan. Dengan demikian, rasa memiliki ada dalam diri semua anggota.

“Ini yang kita tumbuhkan dalam mengelola K2UN. Selain itu, transparansi, pertanggungjawaban semuanya kita lakukan terukur karena semua aturan main dilakukan oleh semua pengurus dan anggota,” tegas Oloan seraya mengucapkan terima kasih atas bimbingan pihak Dinas Koperasi Kota Medan sehingga K2UN tumbuh dan berkembang pesat.

Sementara itu, Kadis Koperasi Kota Medan Ir Hj Emelia Lubis sangat mengapresiasi pengelola K2UN yang telah melakukan prinsip tata kelola koperasi dengan benar. Menurutnya, K2UN merupakan mitra strategis dalam menumbuhkan budaya koperasi di Kota Medan.

“Pengelolaan koperasi sebagai upaya untuk memakmurkan kesejahteraan semua anggota telah berjalan di K2UN ini. Saya sangat memberikan apresiasi kepada K2UN. Semoga ke depan K2UN semakin besar dan kami siap bermitra dengan K2UN menggerakkan koperasi sebagai soko guru ekonomi di negara kita ini, khususnya di lingkungan Pemko Medan,” tandasnya.

Hadir dalam acara itu Wakil Ketua K2UN Maston Sihaloho, Bendahara Danri T Siboro SE MSi Ak, Sekretaris Alida Siamanjuntak SPd, Wakil Sekretaris Wailmar Siamnjorang, unsur pengawas Drs Viktor H Sianipar MSac, Amran Manurung SE MSi Ak, dan Ir Salomo Simanjuntak MT. (NAS)

 

 

Print Friendly