Ketua PPMI Mirzal Irfan Sumatri, SE: Saatnya Pemuda Lahirkan Kreatifitas dan Wujudkan Kemandirian

KANALMEDAN – Ketua Dewan Pengurus Daerah Purna Prakarya Muda Indonesia (DPD PPMI) Provinsi Sumatera Utara, Mirza Irfan Sumantri SE menjelaskan, sudah saatnya pemuda dapat melahirkan kreatifitas dan mewujudkan kemandirian agar mampu bersaing dengan negara-negara ASEAN.

“Banyak kreatifitas yang dapat dilahirkan dari tangan pemuda dan para remaja kita khususnya, dengan ide-ide yang baik, sehingga sudah saatnya diwujudkan, “ kata Mirza kepada pers di sela peresmian Jambore Pemuda Daerah Sumatera Utara Tahun 2018 di Arena Astaka Sumut Sport Centre, Jalan Williem Iskandar, pekan lalu.

Jambore yang pertama kali digelar di Sumut ini menurut Irfan diharapkan jadi momentum kebangkita pemuda untuk berkarya demi bangsa dan negara.

“Dalam kegiatan ini, rekan-rekan kita dari adik-adik remaja banyak menciptakan kreasi, termasuk membuat keset kaki yang diharapkan dapat dilirik pihak perhotelan,” ujar Irfan didampingi Sekretaris Dina Arsyi Fazrin, SP dan Bendahara Tri Andini Nafia, SE.

Kreatifitas pemuda pada jambore yang secara resmi dibuka Gubsu Edy Rachmayadi dan dihadiri Kadispora Baharuddin Siagiaan ini, diperlihatkan dengan kehadiran sejumlah stand yang berada di pelataran gedung Astaka, tempat berlangsungnya acara yang berlangsung selama 3 hari itu.

Keseriusan pemuda yang berada di bawah kordinasi PPMI juga diwujudkan dengan perwakilan pemuda secara berpasangan dari kabupaten/kota se Sumatera Utara memasukkan air dan tanah ke dalam kendi, sebagai tanda kebulatan tekad para pemuda di Sumut untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan yang disaksikan oleh Gubsu bersama Forkopimda, Kabinda Sumut dan Kadispora Sumut dan Ketua KONI Sumut Jhon Lubis.[

“Ini sebuah awal yang baik, ke depannya kita melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia terus menciptakan kegiatan-kegiatan positip yang bertujuan membangkitkan semangat dan gairah pemuda.

PELUANG

Menurut Mirza, upaya melibatkan pemuda untuk tetap mandiri melalui kreatifitas semakin perlu dilakukan mengingat tantangan yang dihadapi semakin berat, khususnya di Negara-negara ASEAN.

“Sejak awal harus kita siapkan agar pemuda terus menerus didorong agar mereka lebih kreatif dan mandiri melalui berbagai kegiatan agar tantangan tadi jadi peluang,” katanya.

Dalam amanatnya pada pembukaan Jambore Pemuda Daerah di Arena Astaka Sumut Sport Centre, Jalan Williem Iskandar, Gubsu Edy Rachmayadi mengajak pemuda untuk mengisi pembangunan dengan meningkatkan kreativitas, kecerdasan dan kewirausahaan pemuda.

“Mari kita isi pembangunan provinsi yang kita cintai ini dengan meningkatkan kreativitas, kecerdasan dan kewirausahaan pemuda,” ujar Gubsu dalam sambutannya.

Dikatakan Gubsu, saat ini telah memasuki era globalisasi dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi, ibarat dua mata pisau. Satu sisi memberikan jaminan kecepatan informasi yang memungkinkan para pemuda untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya, serta daya saing.

Namun pada sisi yang lain, perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif, mulai dari hoax, hate speech, pornografi dan pergaulan bebas hingga radikalisme. Terorisme juga masuk dengan mudahnya, apabila pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan, serta kedewasaan dalam berbangsa dan negara. “Untuk itu mari kita eratkan persatuan dan kesatuan. Stop berbagai macam bentuk perdebatan yang mengarah kepada perpecahan bangsa,” ujar Gubsu.

Menurut Gubsu, kegiatan Jambore Pemuda Daerah ini merupakan wahana pemuda-pemudi terbaik yang terpilih dari kabupaten/kota di Sumut. Dengan menampilkan potensi daerah antara lain home industri, kuliner, handy craft, serta kepeloporan bidan kewirausahaan, budaya dan pariwisata. Jambore pemuda ini punya nilai strategis dalam rangka memperkuat pembentukan karakter anak bangsa guna meningkatkan daya saing serta kemandirian pemuda.

“Diharapkan Jambore Pemuda ini dapat meningkatkan wawasan kebangsaan, kesadaran nasional, rasa cinta tanah air, serta meningkatkan keterampilan dan kreativitas untuk menciptakan wirausaha muda pemula, menuju Sumatera Utara yang bermartabat,” ujar Edy Rahmayadi.

SUKSESKAN HAJATAN BESAR

Pada kesempatan itu, Edy juga mengharapkan para pemuda, khususnya di Sumut untuk ikut mensukseskan hajatan besar pesta demokrasi pada tahun 2019. “Peran dan tanggung jawab pemuda dalam menyukseskan proses Pemilihan Umum 2019 nanti sangat dibutuhkan. Partisipasi aktif pemuda perlu ditingkatkan untuk mewujudkan pemilu yang damai, kredibel dan berkualitas,” tambahnya.

Sementara itu, pembukaan Jambore Pemuda Daerah Sumatera Utara tahun 2018 yang berlangsung hingga 8 Desember 2018 yang ditandai dengan pelepasan balon oleh Gubsu Edy Rahmayadi yang didampingi Kabinda Sumut Brigjend TNI Ruruh A Setyawibawa dan Kadispora Provsu Baharuddin Siagian.

Kegiatan itu juga diisi dengan perwakilan pemuda secara berpasangan dari kabupaten/kota se Sumatera Utara memasukkan air dan tanah ke dalam kendi, sebagai tanda kebulatan tekad para pemuda di Sumut untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan yang disaksikan oleh Gubsu bersama Forkopimda, Kabinda Sumut dan Kadispora Sumut dan Ketua KONI Sumut Jhon Lubis.(partono)

Print Friendly