Sambut Maulid Nabi Muhammad SAW, Dispora Sumut Santuni Puluhan Anak Yatim

KANALMEDAN – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pemprov Sumut santuni puluhan anak yatim dan piatu dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H di Mesjid Al Umaro Sumut Sport Center Jalan Pancing, Selasa (04/12/2018).

Kadispora Sumut, Baharuddin Siagian mengatakan, memberikan motivasi kepada anak-anak yang kurang beruntung itu. Ketiadaan orang tua, dari kecil seperti mereka tidak membuat berkecil hati dan minder ditengah masyarakat. Ia mendorong, agar teruslah belajar dan raihlah ilmu untuk mengapai cita-cita. “Teruslah belajar, jangan rendah hati, semangat harus tinggi, harus punya cita-cita yang tinggi yang letakan setinggi langit atau bintang. Bagaimana kita menggapainya, itu harus kita pikirkan, berusaha sekuat tenaga mencari cara untuk mengapainya,” ujar Baharuddin.

Dikatakannya, era persaingan saat ini menjadikan siapa yang memiliki ilmu dan mampu bersaing untuk menjadi pemenang. Persaingan itu pula makin didorong dengan keterbukaan terhadap publik. Katanya, anak pejabat sekali pun belum tentu dia jadi pejabat juga nantinya. “Karena sekarang zamannya bersaing. Saya juara, belum tentu anak saya jadi juara. Maka kalian tidak perlu rendah diri, yang penting harus belajar. Kalau memang memiliki ilmu, pintar, diuji, kalau kita bisa pasti lulus,” pungkas Baharuddin.

Dikatakannya, terlaksananya kegiatan ini merupakan wujud sumbangsih infak aparatur sipil negara (ASN) Dispora yang disisihkan dari tunjangan penghasilan pegawai (TPP). Sedekah ASN ini kemudian dikoordinir oleh Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Al-Umaro. “Kami berharap apa yang diberikan pada anak-anak yatim dapat bermanfaat,” kata Baharuddin didampingi Ketua BKM Al-Umaro, Zulham Effendy Siregar dan Sekretaris BKM Al-Umaro, Budi Syahputra.

Disamping itu, lanjut Baharuddin Siagian yang juga Ketua Jamiah Batak Muslim (JBI) Indonesia mengatakan kepada para anak yatim dari panti agar tetap semangat mengejar impian dan cita-citanya.  “Jangan merasa minder atau berputus asa sebagai anak yatim. Allah SWT membukakan jalan bagi umatnya yang mau berusaha. Keteladanan perjuangan anak yatim juga sudah ditunjukkan Rasulullah SAW. Itu mestilah kita contoh,” ujar Baharuddin.

Gubsu Edy Rahmayadi, sempat hadir dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tersebut. Edy yang datang usai meninjau kegiatan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) di Gedung Serba Guna. “Saya apresiasi kegiatan yang digelar Dispora Sumut ini. Saya senang dengan kegiatan yang positif dari BKM Al Umaro. Selamat memeringati Maulid Nabi Muhammad SAW,” katanya.

Sementara, Ketua BKM Al-Umaro, Zulham Effendy Siregar, ST, mengatakan kegiatan seperti ini memang rutin dilakukan. “Semangatnya adalah untuk menjaga ukhuwah dan persaudaraan sesama ASN di Dispora Sumut,” kata Zulham yang juga Ketua GP Al Washliyah Sumut ini.(rih)

Sebelumnya, penceramah Al-Ustadz Hasbi Al Mawardi Lubis dalam ceramahnya mengajak jamaah yang hadir untuk benar-benar melaksanakan dan mengutamakan salat dan sedekah sebagai kewajiban kepada Allah SWT. Maulid juga diisi dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dibacakan qari Achmad Khumaidi. Tampak hadir, Sekretaris Dispora, Rudi Rinaldi, Kabid Pemuda, Tohir, dan sejumlah staf dan pegawai Dispora Sumut. (Partono)

 

Print Friendly