Wali Kota Hadiri Perayaan Deepavali 5120 K Ajak Umat HinduDukung Pembangunan

KANALMEDAN – Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH menghadiri Perayaan Deepavali 5120 Kaliyuga di Gedung Selecta Jalan Listrik Medan, Minggu (25/11) malam. Dengan semangat Deepavali, Wali Kota mengajak  semua  menyatukan perbedaan  sehingga menjadikan Medan sebagai kota masa depan yang multikultural, humanis , sejahtera dan religius.

Melalui kebersamaan yang dirajut dalam perayaan Deepavali, Wali Kota Medan berharap dapat meningkatkan kualitas keimanan umat Hindu di Kota Medan sekaligus menjadi titik renungan guna memperbaiki diri untuk lebih baik lagi ke depannya.

Di samping itu tambah Wali Kota,  keberagaman di Kota Medan juga merupakan kekayaan dan potensi untuk kemajuan. Di samping itu tidak dapat dipungkiri, keberagaman  juga memiliki potensi pariwisata  bagi Kota medan. Sebab, melalui berbagai perayaan umat beragama dapat menjadi sebuah agenda rutin untuk dijadikan daya tarik wisata.

Selanjutnya Wali Kota di hadapan Wakil Ketua DPRD Medan H Iswanda Nanda Ramli , Ketua Persatuan Hindu Dharma Indonesia (PHDI)  Sumatera Utara Siwajiraja, Ketua Pebimas Agama Hindu Antoni Kuil Sembiring, Ketua Walubi Medan Earlnus Chen, sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan, termasuk Kabag Agama Adlan   yang menghadiri Perayaan Deepavali, mengajal seluruh umat Hindu yang hadir terus mendukung Pemko Medan dalam berbagai event pembangunan.

“Dukungan dapat diberikan dalam bentuk  menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan tempat tinggal, melaksanakan gotong royong dan senantiasa menjaga aset-aset pembangunan yang telah dilakukan Pemko Medan, terutama yang berada di wilayah tempat tinggalnya masing-masing,” kata Wali Kota.

Himbauan ini, ungkap Wali Kota, disampaikan karena Pemko Medan sepenuhnya sadar tidak dapat melaksanakan berbagai program pembangunan tanpa dukungan penuh sleuruh masyarakat, termasuk umat Hindu di Kota Medan. “Dengan dukungan penuh seluruh lapisan masyarakat, insya Allah pembangunan yang kita laksanakan dapat melaju dengan kencang sehingga masyarakat dapat merasakan hasilnya,”  ungkapnya.

Sebagai  penutup sambutannya, Wali Kota mengucapkan selamat Hari Deepavali  5120 K kepada seluruh umat Hindu di Kota Medan yang tengah merayakannya.  “Selamat Deepavali, semoga melalui perayaan ini kita diberikan cahaya yang terang benderang dalam menjalani kehidupan ,” pungkasnya.

Perayaan Deepavali berlangsung sangat meriah,  seribuan umat Hindu yang berasal dari seluruh penjuru Kota Medan hadir  merayakannya. Berbagai hiburan  baik seni dan tari ditampilkan guna memeriahkannya. Di samping itu juga hadirkan alat musik tradisionil India serta hiburan musik dari ibukota Jakarta.

Sebelumnya Ketua PHDI Sumut  Siwaji Raja, menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Pemko Medan, khususnya Wali Kota  Medan karena sudah mendukung dan memberikan perhatian cukup besar kepada umat Hindu di Kota Medan dengan digelarnya Perayaan Deepavali ini. Apalagi sebelumnya Wali kota juga telah meresmikan gapura Little  India di kawasan Kampung Madras.

“Kami segenap warga India yang ada di Kota Medan mengucapkan banyak terima kasih sebesar-besarnya kepada Bapak  Wali Kota atas perhatiannya yang begitu besar selama ini kepada warga India, ” ucap Siwaji Raja. (partono)

 

Print Friendly