Wali Kota Apresiasi Digelarnya Seminar Persandian Cyber Security Awareness

KANALMEDAN – Pemko Medan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Medan menggelar Seminar Persandian  Cyber Security Awareness  di Grand Kanaya Hotel Jalan Darusalam Medan, Senin (26/11).  Tujuan seminar ini digelar  guna memberikan pemahaman dan sosialisasi bagi para organisasi perangkat daerah (OPD) terkait keamanan informasi di lingkungan Pemko Medan.

Wali Kota Medan Drs  H T Dzulmi Eldin S MSi MH menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya seminar persandian tersebut. Melalui seminar ini diharapkannya dapat memberikan pemahaman akan pentingnya menjaga informasi yang bersifat rahasia. Selain itu juga dapat memahami bahwa persandian adalah solusi untuk diterapkan dalam rangka menjaga kerahasiaan informasi tersebut.

Oleh karenanya tegas Wali Kota, seminar ini sangat penting  sebagai upaya memberikan kesadaran akan kerawanan kebocoran informasi.  Dalam mengelola informasi, jelasnya,  perlu mengedepankan aspek preventif daripada represif, dengan cara meningkatkan kewaspadaan dan bersikap hati-hati.

“Hal ini penting dalam upaya meminimalisir cyber crime yang dilakukan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab,” kata Wali Kota dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Pemerintahan Musadad Nasution.

Agar pelaksanaan seminar memberikan manfaat seperti yang diharapkan, Wali kota berpesan kepada seluruh peserta seminar yang terdiri dari perwakilan OPD di lingkungan Pemko Medan agar bersungguh-sungguh mengikuti seminar  tersebut. Dengan  demikian para peserta dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan dalam pengelolaan informasi yang baik dan benar dalam pekerjaan sehari-hari.

Sebelumnya,  Kadis Kominfo Kota Medan  Zain Noval selaku ketua panitia seminar dalam laporannya mengatakan,  kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Diskominfo. Sedangkan tujuan seminar ini digelar, jelas Zain Noval,  guna memberikan pemahaman dan sosialisasi bagi para OPD terkait keamanan informasi.

“Saat ini kita tidak bisa terlepas dari tekhnologi. Hal apapun yang dilakukan selalu berkaitan dengan kemajuan tekhnologi,  termasuk tentang informasi dalam pemerintahan. Untuk itulah, kami mengadakan seminar ini agar para OPD di Pemko Medan mengetahui dan memahami tentang keamanan terkait setiap informasi yang ada di pemerintahan,” jelas Zain Noval.

Kemudian mantan Kabag Tapem Setdako Medan itu  berharap  agar seminar yang dilakukan ini dapat mengedukasi dan membantu para OPD saat menjalankan tanggung jawabnya di instansi masing-masing.

Guna mendukung pelaksanaan seminar dan menghasilkan out put seperti yang diiinginkan, Noval mengatakan,pihaknya menggandeng Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dengan mendatangkan Direktur Proteksi Pemerintahan BSSN Ronal Tumpal Hutagalung , serta seorang staf Bidang  Proteksi  Pemerintahan Supapri Situmorang sebagai narasumber.  Acara yang dimulai sejak pukul 09.00 WIB  ini diikuti sekitar 80 peserta  perwakilan dari OPD di lingkungan Pemko Medan. (partono)

 

Print Friendly