Pemko Medan Tingkatkan Kapasitas Seluruh Camat & Lurah

KANALMEDAN – Pemko  Medan memberikan pembekalan terhadap seluruh camat dan lurah yang ada di Kota Medan di The Hill, Sibolangit, Deliserdang.  Tujuan kegiatan yang berlangsung selama 3 hari mulai 20-22 Nopember dilakukan untuk meningkatkan kapasitas seluruh apratur  yang  bersentuhan langsung dengan masyarakat tersebut.

Dalam acara yang dihadiri langsung Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi SH MH, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr H Dadang Hartanto SH SIK MSi, Kapolres Belawan Ikhwan Lubis SH MH serta  Dandim 0201/BS Kol Inf Yudha Rismansah, seluruh camat dan lurah diberikan pembekalan guna menambah pengetahuan sekaligus memberikan masukan serta menjalin sinergitas.

Di hadapan 21 camat dan 151 lurah yang menghadiri acara pembekalan, Wali Kota mengingatkan, fungsi utama pemerintah adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat. Oleh karenanya pemerintah perlu terus berupaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Salah satu peningkatan kualitas pelayanan, jelas Wali kota, harus disertai peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Begitu juga dengan camat dan lurah,  kata Wali Kota, sebagai apratuir pemerintahan mereka harus melaksanakan setiap tugas  pokok dan fungsinya dengan penuh tanggung jawab agar dapat menciptakan  kualitas kerja serta layananyang optimal  sehingga  dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Apalagi saat ini masyarakat sudah semakin kritis dalam menyampaikan berbagai aspirasi, tak terkecuali pelayanan yang diperolehnya baik di kelurahan maupun kecamatan. Untuk itu saya ingatkan para camat dan lurah agar selalu rajin mengevaluasi kinerja setiap pelayanan yang diberikan para pegawainya kepada masyarakat sehingga terwujud pelayanan prima,” kata Wali Kota.

Kemudian tegas Wali Kota, dirinya tidak ingin mendengar keluhan dari masyarakat, terutama  dalam hal pungutan liar.  Diingatkannya, Tim Saber Pungli sudah terbentuk  sehingga imbalan sekecil papaun yang diterima merupakan bentuk pungjutan liar (pungli).

“Apabila itu terjadi, saya tidak akan tinggal diam. Sebab, saya tidak ingin mempertahankan apratur di jajaran Pemko Medan yang kinerjanya tidak maksimal, terutama melakukan pungli karena itu akan berdampak buruk terhadap kinerja Pemko Medan. Jadi saya minta saudara harus mempersiapkan mental, disiplin dan etos kerja yang baik,” tegasnya.

Selajutnya melalui pembekalan yang dilakukan ini, Wali Kota berharap dapat meningkatkan kapasitas camat dan lurah. Di smaping itu juga agar semakin terbangunnya pemahaman terhadap kerjasama tim, termasuk komunikasi dan koordinasi di dalamnya. Dengans emakin padunya kerjasama dan didukung suasana kerjasama sama  yang nyaman, Wali Kota optimis akan terbangun inovasi.

Selanjutnya Wali Kota mengajak seluruh camat dan lurah agar senantiasa membangun komunikasi dan koordinasi yang baik serta menjaga semangat persatuan dan kesatuan, terutama  dalam memberikan pelayanan prima bagi seluruh masyarakat Kota Medan.

Sebelumnya acara pembekalan diisi dengan pemaparan yang disampaikan Dandim 0201/BS, Kapolrestabes Medan dan Kapolres Belawan. Selain itu seluruh camat dan lurah diberikan pelatih outbond yang berguna untuk membangun kerjasama dan kekompakan sehingga terbangunnya rasa kebersamaan antar seluruh camat dan lurah. (partono)

 

 

 

Print Friendly