Bupati Tapsel : HKN ke 54 momentum untuk berprilaku hidup

KANALMEDAN-TAPSEL : Bupati Tapanuliselatan (Tapsel) H Syahrul M Pasaribu SH menegaskan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 untuk berperilaku hidup.

Oleh Sebab itu, peringatan HKN ke-54, merupakan momentum yang baik untuk mengingatkan, bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud, jika semua komponen bangsa, berperan serta dalam upaya kesehatan, dengan memprioritaskan promotive-preventif tanpa mengabaikan kuratif dan rehabilitatif.

Penegasan tersebut disampaikan Bupati Tapsel  H Syahrul M Pasaribu SH melalui sambutan tertulis Menteri Kesehatan RI, Nila Farid Moeloek, saat penyelenggaraan peringatan HKN ke-54 Tahun 2018, tingkat Kabupaten Tapsel, yang dipusatkan di lapangan sepak bola, PTPN III Batangtoru,  Senin (12/11/2018) kemarin.

“Mengubah pola hidup kearah promotive-preventif adalah dengan menekankan pada perilaku hidup sehat yang dimulai dari diri sendiri dan itu merupakan salah satu upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya hidup sehat. Sebagaimana tema HKN ke-54 tahun ini ‘Aku Cinta Sehat’ dengan sub tema ‘Ayo Hidup Sehat, Mulai dari Kita,” tegas Syahrul.

Dikatakannya, dengan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berperilaku hidup sehat, melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), telah diprakarsai oleh Presiden RI menjadi suatu Gerakan Nasional yang tertuang dalam Inpres No.1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

“Melalui HKN ke 54 yang bertepatan dengan 4 tahun pemerintahan Jokowi-JK, kita patut bersyukur bahwa berbagai program kesehatan yang dilaksanakan telah berjalan dengan baik. Hal ini dapat kita refleksikan melalui hasil-hasil pembangunan kesehatan yang meliputi upaya mendekatkan akses pelayanan kesehatan dan peningkatan mutu layanan,” katanya.

Pada kesempatan itu, Menteri melalui Bupati Tapsel juga mengajak seluruh insan kesehatan baik di jajaran Kementerian Kesehatan, maupun di tingkat daerah, agar menjadikan peringatan HKN ke-54, sebagai momentum untuk merefleksikan kembali sejauh mana keberhasilan pembangunan kesehatan yang telah dilaksanakan.

“Oleh karena itu mari kita kobarkan semangat melayani, semangat menggerakkan, semangat untuk mampu menangkap aspirasi masyarakat, semangat memandirikan dan memberdayakan masyarakat dalam pencapaian derajat kesehatan yang setinggi-tingginya yang dimulai dari diri kita masing-masing sehingga nantinya dapat membentuk bangsa Indonesia yang kuat,” ajaknya.

Selain itu, bupati Tapsel dua periode ini juga memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya program kesehatan baik lintas program maupun lintas sektor, akademisi, kepala daerah, pelaku usaha, organisasi masyarakat dan lain-lain.

Sehingga di masa yang akan datang pembangunan kesehatan akan terus mengalami kemajuan serta dapat menghasilkan Sumber Daya Manusia Indonesia yang sehat dan mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain.

Sementara itu, Plt Kadis Kesehatan H Marasaud dalam laporannya mengatakan, pelaksanaan HKN ke-54 berdasarkan panduan dari Kementerian Kesehatan dan surat undangan Bupati Tapsel, dengan tujuan meningkatkan peran serta semua komponen bangsa, masyarakat, organisasi kemasyarakatan dan swasta dalam upaya meningkatkan kesehatan, dengan lebih memprioritaskan promotive-preventife dan semakin menggalakkan serta melembagakan Germas tanpa mengabaikan kuratif-rehabilitatif.

Bagikan Nasi Tumpeng

Pada peringatan HKN tersebut, Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu disaksikan Wakil Bupati H Aswin Efendi Siregar, mantan Dirut PT TSM Syamsul Qamar, Sekretaris DPD KNPI Tapsel Dolly P Putra Pasaribu, pimpinan PT AR, PTPN dan perwakilan Forkopimda serta undangan lainnya, memotong dan membagikan nasi tumpeng.

Selanjutnya, orang nomor satu di Tapsel ini memberikan nasi tumpeng itu, masing masing kepada 16 orang Kepala UPT Puskesmas, perwakilan dokter kecil, PKPR dan kader posyandu.

Rangkaian acara juga diisi dengan penyerahan mobil ambulan kepada Puskesmas Pintu Padang, Kecamatan Batang Angkola sekaligus penyerahan sertifikat ODF (Stop Babs) untuk Desa Perkebunan Sigala-gala, Desa Hapesong Lama, Desa Napa dan Desa lainnya.

Dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat akreditasi puskesmas kepada Puskesmas Pintu Padang. (Awal HSB)

Print Friendly