Konsolidasi, Solahuddin Nasution: Karang Taruna Merupakan Komunitas Sosial

KANALMEDAN-SIDIMPUAN : Karang Taruna merupakan komunitas sosial tempatnya generasi muda menumbuhkembangkan kesadaran dan tanggungjawab sosialnya di lingkungan masyarakat.

Hal tersebut berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Demikian diungkapkan Ketua Karang Taruna (KT) Provinsi Sumatera Utara, H Solahuddin Nasution SE MSi ketika melakukan kunjungan kerja Konsolidasi Organisasi dan Peningkatan Program Kerja di Kota  Padangsidimpuan, Senin kemarin (22/10/2018).

Menurut Solahuddin, keberadaan  Karang Taruna harus dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. “Jadilah mesin penggerak kesejahteraan sosial di desa/kelurahan masing-masing,” katanya dalam acara yang digelar di Desa Singali Kecamatan Sidimpuan Hutaimbaru, Kota Padangsidimpuan.

Pada kesempatan itu, Solahuddin Nasution kembali menekankan supaya pelbagai kegiatan KT lebih ditingkatkan lagi, terutama di bidang sosial dan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) yang mendatangkan manfaat bagi para pengurus dan masyarakat luas.

“Bangun dan jalin kemitraan yang baik antara Karang Taruna di setiap jenjang dengan pemerintahan dan pihak ketiga lainnya,” ujar pria yang mengaku maju menjadi calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dapil Sumatera Utara tersebut.

Dikatakan Solahuddin Nasution, KT harus senantiasa aktif dalam membantu program kerja pemerintah di level berjenjang.

Karang Taruna dituntut pro-aktif dalam mengikuti kegiatan pemerintah, khususnya di bidang kesejahteraan sosial, baik diminta ataupun tidak diminta.

Karenanya, sebut Solahuddin, ketika generasi muda telah disibukkan dengan beragam aktivitas positif di derahnya masing-masing.

“Maka pemuda bukan lagi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), tapi justru menjadi agen kesejahteraan sosial yang mampu membawa perubahan dalam peningkatan taraf perekonomian masyarakat,” tandasnya.

Kagum Sosok Solahuddin

Sementara itu Ketua Karang Taruna Kota Padangsidimpuan Ammar Ghozali dalam sambutannya mengaku kagum dengan sosok seorang Solahuddin Nasution.

“Beliau begitu gigih  dalam menempa dan membangun pemuda yang berkarakter, demi terciptanya generasi muda mandiri, ulet, dalam bingkai berjiwa sosialis,” ujarnya.

Ammar menyebut, mengingat Bung Solahuddin ikut dalam kontestasi politik tahun depan, maka apabila nantinya diberikan amanah menduduki kursi DPD RI agar supaya mendorong serta menguatkan eksistensi Karang Taruna di seluruh tanah air.

“Saya optimis apabila beliau terpilih, akan lebih mendongkrak kegiatan kepemudaan,” ungkapnya.

Pantauan kanalmedan.com di lokasi, selain dihadiri  pengurus Karang Taruna kecamatan dan desa/kelurahan se Kota Padangsidimpuan, kegiatan tersebut juga diikuti sejumlah mahasiswa dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Masyarakat (FKM-USU). (Awal HSB)

Print Friendly