Pemkab Tapsel Kirim Bantuan untuk Penanganan Korban Bencana

KANALMEDAN-TAPSEL : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuliselatan (Tapsel) mengirimkan bantuan logistik untuk penanganan korban bencana alam di Kabupaten Mandailaing Natal (Madina).

Pengeiriman bantuan tersebut sebagai wujud solidaritas terhadap korban bencana banjir bandang, Bupati Tapsel, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tapsel kepada korban bencana di Kabupaten Madina.

Bantuan logistik tersebut diserahkan ke posko penyaluran bantuan di Mess Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) pada hari Minggu 14 Oktober 2018 malam kemarin.

Bupati H Syahrul M Pasaribu, melalui Sekretaris BPBD Tapsel, Umar Halomoan Daulay mengatakan, bantuan itu sebagai wujud solidaritas Pemkab Tapsel terhadap kabupaten tetangga atas musibah yang terjadi di daerah tersebut.

“Kita turut perihatin atas kejadian yang menimpa masyarakat yang terkena bencana banjir bandang di Mandailing Natal, kiranya dengan bantuan logistik itu dapat meringankan beban mereka,” ujarnya.

Kemudian, saat ditanya bencana alam yang melanda Kabupaten Tapsel, tepatnya di Kelurahan Pardomuan, Dusun Laba Lasiak Kecamatan Angkola Selatan, dan Kelurahan Rianiate Kecamatan Angkola Sangkunur, Sekretaris BPBD Tapsel mengatakan, sampai saat ini mereka siap siaga dan tanggap dalam penanggulangan bencana.

“BPBD Tapsel siap siaga karena cuaca ekstrim masih tetap berjalan sampai oktober 2018 sesuai edaran BMKG,” tegas Umar.

Masyarakat Diimbau Tetap Waspada

Untuk itu, BPBD Tapsel menghimbau Kepada masyarakat agar hati-hati dan tetap waspada.

“Karena daerah kita termasuk lokasi yang rawan bencana, maka diimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dan tetap waspada,” imbaunya.

Terkait para korban terdampak bencana alam yang terjadi di dua daerah di Tapsel tersebut, Umar mengatakan bahwa hingga saat ini di antara korban masih ada yang tinggal di posko pengungsian.

“Sampai saat ini masyarakat yang terdampak bencana masih ada yang mengungsi di posko yang di siapkan BPBD di Kelurahan Rianiate, Angkola Sangkunur dan di posko yang disiapkan PT ANJ di Angkola Selatan,” terangnya seraya mengucapkan terima kasih kepada PT ANJ serta seluruh pihak yang berperan dalam membantu penanganan pengungsi bencana alam di Kabupaten Tapsel. (Awal HSB)

Print Friendly