Dinas Lingkungan Hidup Padangsidimpuan Diminta Serius Urusi Sampah

KANALMEDAN-SIDIMPUAN : Dinas Lingkungan Hidup (DLHK) Kota Padangsidimpuan diminta serius mengurusi persoalan sampah yang belakangan ini dipersoalkan masyarakat.

Sebab, sampah yang mengganggu kesehatan dan nilai estetika Kota Salak tersebut menumpuk berhari-hari di beberapa kawasan yang ada di kota itu.

Sementara dinas terkait yang berkompeten mengurusi hal itu seolah tutup mata.

Oleh sebab itu, Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Aliansi Rakyat Sipil Investigasi Kinerja Pemerintah, M Soleh Lubis mempertanyakan kinerja Dinas Lingkungan Hidup Kota Padangsidimpuan atas permasalahan sampah yang mengganggu orang banyak tersebut.

“Ada apa dengan jajaran Dinas Lingkungan Hidup kota Padangsidimpuan, mereka terkesan tidak serius menjalankan tupoksinya, khususnya persoalan sampah,” ujarnya di Sidimpuan, Selasa, (18/9/2018).

Padahal, lanjut diungkapkannya, dinas tersebut selalu mengutip retribusi sampah dari masyarakat. “Akan tetapi, mengapa pelayanan terhadap masyarakat terkait masalah sampah terkesan amburadul dan cendrung diabaikan,” ungkapnya dengan nada kesal.

Ditambah lagi, sebutnya, setiap tahunnya anggaran untuk dinas tersebut telah dialokasikan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Padangsidimpuan.

“Bukankah setiap tahunnya anggaran serta mobiler dalam mengatasi persoalan sampah di kota Padangsidimpuan sudah dialokasikan dari APBD untuk Dinas Lingkungan Hidup,” sebut Sholeh dengan nada tanya.

Ironisnya, tambah Sholeh, ketika pihaknya mengonfirmasi hal itu, dinas terkait, staf di kantor dinas tersebut mengaku jika atasannya sedang berada di lapangan memantau sampah.

“Kami pernah mempertanyakan perihal tersebut ke pihak DLHK, namun saat itu staffnya memberitahukan kalau kadis sedang turun ke lapangan. Kalau memang iya, kenapa tidak melihat tumpukan sampah di seputaran Jalan Tonga,” tambahnya.

Dengan demikian, kata Sholeh, pihaknya meminta Walikota Sidimpuan untuk mengevaluasi kinerja DLHK.

“Kalau memang Dinas Lingkungan Hidup tidak dapat menjalankan tugasnya dengan baik, maka sudah sepatutnya Walikota Padangsidimpuan mengevaluasi kinerja kadis yang bersangkutan, demi kebersihan kota Padangsidimpuan,” tandas Lubis.

Senada dengan itu, warga masyarakat Kota Padangsidimpun juga meminta DLHK Padangsidimpuan untuk serius menangnai persoalan sampah.

Karena, sejumlah warga dan pengendara yang melintas di seputaran Jalan Tonga Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Kota Padangsidimpuan merasa kurang nyaman, khususnya bagi pejalan kaki.

Pasalnya, dari pantauan Kanalmedan.com, terdapat sampah berserakan dan menumpuk di pinggir bahkan hampir berada ditengah jalan di seputaran Jalan Tonga.

Bukan saja kondisi yang kotor, namun warga juga mengeluh tumpukan sampah karena mengeluarkan aroma tak sedap sehingga mengganggu saluran pernafasan.

Menurut warga sekitar, ketiadaan tempat sampah di lokasi itu menjadi faktor utama yang mengakibatkan semakin bertumpuknya dan ditambah tidak rutinnya petugas kebersihan mengangkat sampah-sampah tersebut.

“Tidak ada tong atau bak khusus tempat pembuangan sampah di daerah ini, keadaan itu diperparah dengan sampah tidak rutin diangkut oleh petugas kebersihan,” ujar salah satu warga sekitar yang minta namanya tidak ditulis.

Oleh karena itu, warga sekitar berharap kepada pihak yang terkait agar dapat segera mencari solusi atas permasalahan sampah ini.

“Kami sudah sangat terganggu dengan aroma busuk serta pandangan tidak mengenakkan atas tumpukan sampah tersebut,” pungkasnya. (Awal HSB)

Print Friendly