Dinas PU Perbaiki Tanggul Jebol di Medan Labuhan

KANALMEDAN – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan mendindaklanjuti perbaikan tanggul jebol di Kelurahan Nelayan Indah, Kecamatan Medan Labuhan, Selasa (14/8). Perbaikan tanggul dilakukan pada saat air pasang laut surut. Perbaikan tanggul dilakukan dengan mengerahkan puluhan pekerja dibantu alat berat backhoe long arm.

Perbaikan berjalan dengan lancar, para pekerja memasukkan tanah dalam goni. Setelah goni penuh selanjutnya ditumpukkan di lokasi bendungan yang jebol akibat hantaman air pasang laut tersebut. Di samping itu backhoe long arm membantu dengan mengeruk tanah dari pinggiran sungai untuk menimbun tanggul yang jebol.

Dengan perbaikan tanggul jebol yang dilakukan tersebut, air yang menggenangi rumah warga selama empat hari berangsur-angsur surut. “Semoga dengan perbaikan tanggul jebol yang dilakukan ini, warga kembali dapat beraktifitas karena rumah mereka tidak digenangi air lagi,” kata Kadis PU Khairul Syahnan.

Setelah dilakukan perbaikan sementara ini, Syahnan mengatakan akan dilanjutkan dengan perbaikan permanen. Meski demikian Syahnan masih belum bisa memastikan kapan perbaikan tanggul permanen dilakukan. “Kita masih lihat kondisi alam dulu. Setelah benar-benar aman, barulah kita lakukan perbaikan permanen,” jelasnya.

Syahnan terus memantau perbaikan tanggul yang jebol tersebut. Dia ingin perbaikan yang dilakukan dengan sebaik-baiknya sehingga  tanggul nantinya mampu menahan air laut apabila pasang besar terjadi kembali. “Walaupun sifatnya sementara tapi kita ingin tanggul ini benar-benar kuat,” ungkapnya.

Peristiwa tanggul jebol ini mendapat perhatian serius Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi dan Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi. Usai rapat paripurna di Gedung DPRD Medan, Senin (13/8) siang, kedua pejabat tinggi Pemko Medan didampingi pimpinan OPD terkait langsung meninjau dua lokasi tanggul yang jebol tersebut.

Kehadiran Wali Kota dan Wakil Wali Kota beserta OPD terkait mendapat apresiasi warga sekitar. Pasalnya, warga selama ini sudah jenuh karena rumah mereka acap kali menjadi langganan banjir setiap kali banjir rob tiba. Selain merusak peralatan rumah tangga, banjir juga melumpuhkan aktifitas warga. Oleh karenanya warga berharap kedatangan Wali Kota dan Wakil Wali kota dapat mengatasi masalah banjir tersebut.

Keinginan masyaarakat langsung ditindaklanjuti Wali Kota. Ayah tiga anak itu langsung memerintahkan Kadis PU segera memperbaiki tanggul yang jebol. Untuk memastikan perbaikan tanggul dilakukan, Wali kota pun berada di lokasi hingga petang hari, termasuk menunggu kedatangan truk membawa tanah timbun  yang akan digunakan untuk memperbaiki tanggul yang jebol tersebut. (partono)

 

 

Print Friendly