Bantu Kelancaran Ibadah Haji, PDAM Tirtanadi Pastikan Distribusi Air di Asrama Haji Lancar

KANALMEDAN – Untuk memastikan pendistribusian air berjalan dengan baik dan lancar, direksi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi melakukan inspeksi mendadak (sidak) pendistribusian air di Asrama Haji Medan.

Dalam sidak tersebut, Direktur Administrasi dan Keuangan PDAM Tirtanadi, Arif Haryadian, didampingi Kepala Sekretaris Perusahaan PDAM Tirtanadi, Jumirin, dan Asisten 1 Sekretaris Perusahaan, Zaman K. Mendrofa. Mereka langsung turun untuk melihat pendistribusian air tersebut.

PDAM Tirtanadi berkomitmen ikut membantu kelancara penyelenggaraan ibadah haji, dengan memastikan pasokan air bersih terjamin berjalan lancar. “Saya hanya ingin memastikan kalau pendistribusian air di Asrama Haji Medan ini berjalan dengan baik dan lancar,” kata Arif Haryadian saat ditanya soal kunjungan mendadak tersebut, Minggu (29/7).

Sebelumnya, Arif Haryadian terlihat langsung meninjau Flange Gate Valve yang berfungsi sebagai pengatur aliran air ke Asrama Haji Medan. Dilanjutkan dengan memeriksa kondisi meteran air yang keduanya berada di sebelah luar pintu gerbang masuk Asrama Haji.

“Di kedua lokasi ini, tidak ditemukan kendala dan air lancar mengalir ke kompleks Asrama Haji,” ujarnya.

Selanjutnya, Arif Haryadian kembali melakukan pemeriksaan kran-kran air di beberapa titik untuk memastikan air mengalir dengan baik dan lancar. Usai memeriksa, Arif kemudian menjumpai Kepala UPT Asrama Haji, Sutrisno, untuk menanyakan kondisi pendistribusian air secara keseluruhan di Asrama Haji Medan.

SIAP MEMBANTU

PDAM Tirtanadi siap membantu kelancaran penyelenggaraan ibadah haji, khususnya dalam penyediaan air bersih. Menurutnya, untuk menjaga kelancaran air di Asrama Haji, PDAM Tirtanadi menempatkan 6 orang petugas yang stand-by di asrama haji yang dibagi dalam 3 shift yang bertugas secara bergantian selama 24 jam.

“Bila ada kendala pendistribusian air di Asrama haji, Bapak dapat memberitahu Petugas kami yang standby disini atau menghubungi saya,” jelasnya.

Selesai berbincang dengan Kepala. UPT Asrama Haji, Arif Haryadian melihat kondisi 3 unit depot air siap minum yang ditempatkan di Asrama Haji Medan. Dia bahkan memerintahkan  Petugas agar selalu membersihkan depot air siap minum setiap harinya dan mengganti kran nya apabila rusak.

Arif Haryadian menambahkan, air yang disuplai di Asrama Haji ini termasuk air di depot air siap minum ini bersumber dari Sibolangit yang masih alami dan dingin. Namun karena kran air terkena panas matahari maka air yang pertama keluar menjadi agak panas tapi setelah itu airnya akan dingin.

“Kami imbau kepada pengguna depot air siap minum agar terlebih dahulu membuang air yang keluar saat pertama kali kran di buka setelah itu baru dikonsumsi,” tambahnya.

Kepala UPT Asrama Haji Sutrisno menyampaikan, ketersediaan di Asrama Haji Medan relatif cukup dan lancar. “Ketersediaan air di Asrama Haji Medan relatif cukup dan berjalan lancar. Kalaupun debit air yang mengalir dari pipa kecil, kami disuplai dengan mobil tangki dua kali sehari,” ujar Sutrisno.

Sutrisno mengucapkan terima kasih kepada PDAM Tirtanadi atas perhatian dan kepeduliannya, pada penyelenggaraan ibadah haji setiap tahunnya, dan juga atas perhatiannya pada ketersediaan air di Asrama Haji Medan.

“Terima kasih kami kepada Direksi dan seluruh karyawan-karyawati PDAM Tirtanadi yang peduli pada penyelenggaraan ibadah haji dengan memberikan souvenir handuk kepada jamaah calon haji Embarkasi Medan beberapa waktu lalu. Terima kasih juga atas kepeduliannya dalam ketersediaan air di Asrama haji ini,” ujarnya. (Jen)

Print Friendly